English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

10 September 2009

Kilas Balik Konflik Poso (2002 - 2008)

Kilas Balik konflik Poso ( 1998 ~2008 )

Tulisan ini tidak bermaksud untuk mengalihkan perhatian dari kasus bom bali yang menelan ratusan korban jiwa, tidak bermaksud mengungkit kembali duka ribuan korban kerusuhan poso dan tidak pula bermaksud memprovokasi untuk membenci suatu golongan tertentu.

Tulisan ini tidak lebih dari ajakan buat kita semua untuk melihat segala sejarah secara bijaksana dan menilai dengan adil permasalahan yang ada.

Sebagaimana kita ketahui bahwa peristiwa bom bali yang menelan ratusan korban jiwa diberitakan sedemikian hebohnya sehingga menjadi sorotan dunia padahal kalau media mau adil ada peristiwa yang lebih dasyat yang disinyalir menjadi salah satu sebab lahirnya pemuda pemuda muslim seperti Amrozi cs yang mengadakan perlawanan terhadap ketidak adilan tersebut. Kemudian media massa dan pemerintah menyebutnya aksi perlawanan itu sebagai terorisme dan mencoba memberantas sampai akar akarnya.

Sedangkan konflik poso dan ambon yang korbannya tidak cuma ratusan tetapi ribuan pemberitaanya tidak seimbang dan hanya menghukum 3 orang saja dan membiarkan dalang dari konflik tersebut melenggang bebas sampai sekarang.

Contoh ketidak adilan tersebut adalah dengan menyebut kelompok Islam yang terlibat konflik di poso dan ambon dengan sebutan teroris dan menangkapi semua veteran konflik poso yang beragama Islam dengan tuduhan teroris hanya karena menyimpan sisa sisa amunisi. Padahal aksi tangkap menangkap tersebut tidak menyelesaikan masalah dan bahkan rentan menimbulkan aksi aksi yang lain.

Demikian sedikit pengantar dari kami semoga kita tidak melupakan sejarah yang pernah ada.

25 Desember 1998 (Kasus Poso I)

Jum’at 25 Desember 1998, bertepatan dengan Ramadhan 1419 H, sekelompok pemuda kristen mengkonsumsi miras dan membuat keributan saat Sholat tarawih digelar.

Pengurus masjid mencoba mengingatkan. Usaha itu berhasil, para pemuda kristen

pergi meninggalkan area masjid. Lewat tengah malam kelompok pemuda kristen itu

kembali.

Salah seorang pengurus masjid (Ridwan) yang sebelumnya memperingatkan

mereka untuk tidak mabuk-mabukan, dikejar oleh Roy Runtu yang dalam keadaan

mabuk. Ketika itu, Ridwan tengah membangunkan warga Muslim di Kelurahan Sayo

untuk makan sahur. Menghindari kejaran Roy, Ridwan melarikan diri ke sebuah

masjid (dekat pesantren), namun di tempat itu pula ia dibacok. Ridwan sempat

berteriak minta tolong dan lari dengan meningalkan percikan darah di plafon

masjid.

Setelah kejadian itu, masyarakat muslim Poso yang mendengar berita ini segera

berkumpul. Konsentrasi massa pada akhirnya bergerak menghancurkan setiap

kedai/toko yang menjual miras. Masyarakat muslim meminta pemuda yang melakukan penganiayaan agar menyerahkan diri. Dan menuntut aparat untuk segera menangkap pelakunya.

Bukannya minta maaf dan menyerahkan diri, salah seorang dari mereka justru mencari bantuan ke Tentena. Herman Parimo, tokoh kristen Tentena membawa massa bergerak ke Poso, membakar Pasar sentral Poso dan mengadakan pawai keliling Poso, menunjukkan kemenangannya. Kabar Poso sudah diduduki massa Tentena terdengar di Parigi dan Ampana (basis massa muslim). Dengan koordinasi ustadznya masing-masing bergeraklah massa kedua kota itu ke Poso.

Poso kembali dalam kendali umat Islam. Dua pasukan, muslim dan kristen masih menggunakan alat tempur sederhana, parang dan batu, meski beberapa sniper terbukti telah melukai beberapa orang muslim.

Sebanyak 100 orang luka-luka, puluhan rumah dan kendaraan bermotor rusak berat..

16-19 April 2000 (Kasus Poso II)

Minggu 16 April 2000, di Terminal Poso dua pemuda pemabuk asal Desa Lambodia dan Lawanga (desa Islam dan Kristen) terlibat pertikaian. Warga kedua desa saling serang, aksi bentrok massa meluas ke daerah sekitar Poso, juga menyulut bentrokan antara Kelompok Merah dengan Kelompok Putih. Dari peristiwa ini sedikitnya tiga orang tewas, empat orang luka-luka, 267 rumah terbakar, enam

mobil terbakar, lima motor hangus, tiga gereja hancur, lima rumah asrama polisi

hancur, ruang Bhayangkari Polda terbakar.

16 Mei 2000

Selasa 16 Mei 2000, Dedy seorang pemuda dari desa Kayamanya (suku Gorontalo)

tengah mengendarai motor Crystal pada malam hari, tiba-tiba dihadang sekelompok

pemuda Kristen yang mabuk di Desa Lambogia. Dedy sempat melarikan diri dengan

motornya, namun terjatuh sehingga tubuhnya mengalami luka-luka. Setelah

diperban, kemudian Dedy melaporkan pada teman-temanya di desa Kayamanya, bahwa ia dibacok oleh pemuda kristen Lambogia.

17 Mei 2000

Rabu 17 Mei 2000, warga muslim Kayamanya (sekitar 20 orang beserta aparat)

mendatangi Kelurahan Lambogia untuk mencari oknum pelakunya namun disambut

dengan serbuan panah/peluncur dari warga Lambogia. Dan pada malamnya, warga

Kayamanya membakar Desa Lambogia sekitar 400 rumah serta sebuah gereja Beniel.

19 Mei 2000

Jum’at 19 Mei 2000, ditemukan mayat Muslim korban pembantaian di Jalan Maramis

kelurahan Lambogia, dengan luka bacokan dan leher tertusuk panah. Kemudian warga muslim terpancing emosi dan bergerak kembali membakar gereja Advent dan sebuah gereja besar dekat terminal, gedung serba guna, SD, SMP dan SMA Kristen. Warga kristen mengungsi ke kelurahan Pamona Utara (Tentena) dan Tagolu yang merupakan basis Kristen.

Setelah kejadian tersebut, umat Islam di Kelurahan Kowua bersiaga penuh mengantisipasi serangan balasan. Seorang muallaf bernama Nicodemus yang kebetulan bekerja di Tentena ditugaskan untuk memantau perkembangan warga Kristen di Tentena. Setelah 2 minggu kemudian, Nico kembali ke Poso karena merasa dirinya sedang diintai. Namun dari situ muncul kesepakatan untuk menginformasikan melalui kata Sandi Pak Nasir (Nashara) datang berobat lanjut

ke Poso berarti akan ada penyerangan kaum Nasrani.

22 Mei 2000

Senin 22 Mei 2000, Pak Maro (muallaf) dari kelurahan Lawanga, yang disusupkan di Kelurahan Kelei, datang ke kediaman Ust. Abdul Gani, membawa pesan akan ada penyerbuan pada shubuh hari. Pak Maro menyamar dengan memakai kalung salib dan mentato tubuhnya. Di Kelei yang merupakan basis kristen pernah diadakan latihan

militer. Jam 5.30 sore ada interlokal dari Nicodemus di Tentena ke rumah pak Abdul Gani memberitakan, bahwa “Pak Nasir (Nashara) akan berkunjung obat ke Poso malam ini atau besok.”

Jam 7 malam, seorang pemuda bernama Heri Alfianto yang juga ketua Remaja Masjid Kowua memberikan informasi bahwa di rumahnya yang kebetulan terdapat TUT (Telepon Umum Tunggu), ada seorang Kristen yang diduga ingin menggunakan jasa telepon bercerita kepadanya bahwa pada jam 2 malam akan ada penyerangan dari masyarakat Flores (Kristen). Sekedar gambaran, Heri Alfianto dilihat dari raut wajahnya mirip orang Kristen karena ibunya berasal dari Manado yang muallaf,

sehingga orang kristen mengira Heri juga orang Kristen. Penyerangan dilakukan per kelompok kecil dengan sasaran KBL (Kayamanya, Bonesompe, Lawanga) dan menculik tokoh-tokoh Islam Poso, antara lain Haji Nani, Ust. Adnan Arsal, dll.

Pada malam itu juga dikumpulkan para tokoh yang tergabung dalam “Forum

Perjuangan Umat Islam” yang terbentuk sejak kerusuhan Poso jilid I di rumah Ust. Adnan Arsal dan langsung mengkoordinasikan pembagian tugas penjagaan di pos-pos

yang telah ditentukan. Pertemuan itu selesai jam 21.30. Pada malam itu sudah tersebar isu penyerangan terutama di Kecamatan Poso Pesisir, sehingga setiap warga, baik Islam dan Kristen, berjaga-jaga mengamankan diri.

Pada jam 24.00 rombongan Muspida beserta Ketua DPRD Tk.II Akram Kamarudin, menenangkan warga, memberitahukan kepada warga Poso bahwa berdasarkan informasi Kapolsek Pamona Utara, Ramil Pamona Utara dan Camat Pamona Utara isu penyerangan itu tidak benar dan menyesatkan. Akhirnya warga yang tadinya berjaga di pos-pos

bubar dan kembali ke rumah, kecuali warga di Kelurahan Kowua. Bahkan pemuda Kowua membantah berita dari Muspida tersebut karena yakin dengan info dari Nico di Tentena.

Setelah itu muncul tanda bahaya berupa kentungan pada tiang listrik dari desa seberang sungai, tepatnya di PDAM, Kelurahan Gebang Rejo. Kemudian dikonfirmasikan melalui telepon ke Ust. Adnan Arsal yang tinggal di Gebang Rejo, namun dijawab bahwa sampai saat ini belum ada tanda pengerahan massa yang melewati Desa Gebang Rejo. Tak berapa lama, Pak Adnan Arsal memberitakan memang ada penyerangan dilakukan hanya oleh kelompok kecil berpakaian ninja..

23 Mei 2000 (Kasus Poso III)

Selasa 23 Mei 2000 sekitar pukul 02.00 wita terjadi kerusuhan yang dipicu oleh 13 “pasukan ninja” bersenjatakan kelewang, senjata pelontar dan tombak. Salah satu dari tiga ninja yang berhasil ditangkap adalah perempuan berumur sekitar 25 tahun. Salah seorang lainnya mengaku warga trans Beteleme asal Nusa Tenggara. Pasukan ninja ini beraksi dengan mengintai warga yang melintas di poros jalan Kelurahan Kayamanya. Siapa pun yang melintas di poros jalan itu mereka bacok.

Kelompok ninja tersebut membawa sandera (Pak Alwi, pegawai BNI), dibawa ke Desa Kayamanya dengan tujuan mencari Haji Nani Lamusu. Dari pihak Polres, yakni Bapak Serma Kamaruddin Ali (47) yang ingin menyelamatkan sandera dan mencoba bernegosiasi, berkata: “Saya ini polisi”, sembari mencabut pistol. Namun Pak Kamarudin keburu tewas di tempat dibacok kelompok ninja itu. Sedangkan pak Alwi (sandera) selamat dan melarikan diri. Mereka berhasil membakar rumah Haji Nani Lamusu, dan terus maju ke desa Moengko Baru, di situ didapati seorang mantan lurah, Pak Abdul Syukur (40) yang ingin memukul tiang listrik tanda bahaya dibacok hingga tewas. Selain itu yang kena bacok dan langsung tewas Baba

(62) warga kelurahan Moengko Baru. Sebagian dari “pasukan ninja” saat dikejar oleh masyarakat langsung bersembunyi di kompleks Gereja Katolik di Kelurahan Kayamanya.

Pada hari yang sama, beredar isu yang isinya semua rumah-rumah ibadah (Gereja) di sekitar Kota Poso akan dibakar dan sejumlah tokoh-tokoh kristen akan diculik.

Berdasarkan isu itu, sejumlah umat kristen mengungsi ke asrama-asrama Kodim dan Polres Poso.

24 Mei 2000

Rabu dinihari 24 Mei 2000, terjadi penyerangan mendadak dari sekelompok orang berpakaian ala ninja ke beberapa pos pengamanan di beberapa kantong muslim.

Berikutnya, warga Kelurahan Kayamanya (Islam) hendak melakukan penyerangan ke warga Kelurahan Lombogia dan kantong-kantong permukiman Kristen lainnya. Polisi menghalangi niat itu. Tapi kerusuhan tak bisa dibendung. Akibatnya, tiga orang tewas; salah satunya polisi (Serda Pol Rudy yang tertembak senjata rakitan) dan 15 orang luka-luka.

26 Mei 2000

Jumat 26 Mei 2000, Pasukan Merah yang berjumlah ribuan mengepung dan berusaha menguasai kota Poso. Tetapi di perbatasan kota mereka ditahan oleh Komando Jihad yang berjumlah sekitar 900 orang. Akibat kebiadaban Pasukan Merah, sekitar 1500 muslim tewas dan hilang.

Jumat 26 Mei 2000, puluhan warga muslim Kecamatan Lage berencana mengungsi ke Poso Kota dengan menumpang delapan buah mobil. Ketika rombongan tiba di Togolu, mobil-mobil mereka dicegat oleh Kapolsek dan Camat Lage. Kapolsek dan Camat menyuruh pengungsi kembali ke kampung dengan alasan

Laskar Kristen sudah dipergikan. Akhirnya, rombongan mengungsi ke pingir kuala (Ahad, 28 Mei 2000), selanjutnya rombongan langsung lari ke Kayoe wilayah Lembomawo untuk menginap semalam. Di tempat ini, Laskar Kristen menemukan mereka dan langsung menggeledah. Wens Tanagiri menggiring rombongan dari Kayoe ke pinggir kuala kemudian ke Kayoe lagi, kemudian digiring lagi ke dalam hutan besar Tambora. Di sini, rombongan sempat tidur dua hari dua malam.

Paginya, Pak Hamidun, Jumirin, Slamet, Pardono dan Suman bermaksud turun ke Kuala untuk mengambil air, mendadak mereka disergap oleh Laskar Kristen yang berjumlah sekitar 70 orang. Anggota rombongan lain sempat lari dan bersembunyi.

Namun esoknya, Laskar Kristen berjumlah 75 orang sekitar jam 11 siang datang lagi, melakukan penyergapan. Pengungsi perempuan ditelanjangi, sedangkan pengungsi laki-laki diikat tangannya menjadi satu renteng, ditendang, disiksa, dan dibawa pergi entah ke mana. Hingga kini tak pernah kembali.

27 Mei 2000

Sabtu 27 Mei 2000 sekitar pukul 07.00 pagi, sekitar 300 orang Pasukan Merah yang bergerak di sebelah Timur memasuki desa Tokorondo dari Desa Masani. Begitu masuk desa, mereka dihadang oleh sekitar 400 orang pasukan putih. Tetapi begitu melihat persenjataan yang dibawa oleh pasukan merah, komandan pasukan putih memerintahkan anak buahnya untuk mundur. Pasukan Merah bertindak ugal-ugalan. Mereka memberondongkan peluru secara membabi buta.

TNI baru datang sekitar tanggal 6 Juni 2000. TNI terlambat datang karena mereka (Pasukan Merah) memutus jalan darat menuju Poso. Jadi disamping bergerak menghabisi dan membakar rumah-rumah kaum muslimin, mereka juga menebangi pohon-pohon dan membiarkannya melintang di jalanan.

Sabtu 27 Mei 2000 malam hari, Saleh (40) dikejutkan oleh orang-orang yang menyelinap ke dalam areal Ponpes Wali Songo, sehingga membuat warga Pondok terbangun dan berjaga-jaga sampai pukul 03.00 WITA.

28 Mei 2000

Minggu 28 Mei 2000 pagi hari, terjadi bentrokan antara massa Islam dan Kristen di Tokorando, sekitar 70 warga Kristen bersenjata api melawan 400 warga muslim bersenjata parang dan golok.

Warga muslim terpukul mundur.

Minggu 28 Mei 2000, sekitar pukul 09.00 WITA tiba-tiba datang segerombolan orang yang berpakaian hitam-hitam lengkap dengan senjata parang, golok, dan senjata khas organik. Beberapa di antaranya masuk ke masjid dan membunuh 3 orang santri yang berada di dalamnya. Asrama putra dan putri berhasil dikuasai perusuh, seluruh penghuninya disuruh keluar dan disandera mereka, kemudian diikat tangannya kemudian dibawa ke hutan didaerah Sintulemba. Jumlah santri putra 38

orang dan perempuan 28 orang beserta pimpinan dan gurunya. Di hutan santri putri disuruh pulang menuju tempat pengungsian. Santri, guru, pimpinan Ponpes berjalan masuk hutan dengan berkelompok (1 kelompok 5 orang) sampai daerah Lembanawa. Di Lembanawa para perusuh bertemu komandannya dan para santri dibawa ke Ronononcu dan ditempatkan di Baruga (balai desa).

Di Baruga inilah (saksi hidup) menuturkan ia dan teman seluruh anggota badannya diiris-iris dengan parang, golok, pahanya diinjak-injak, dipukul dengan laras senjata bahkan muka santri-santri tidak berbentuk lagi (karena dihantam dengan benda-benda tumpul). Luka irisan tsb. lalu disiram pasir dan kemudian disiram air panas. “Saya (Ih) mengetahui bahkan mengenali wajah perusuh tersebut yang ternyata anggota TNI.”

Menurut saksi hidup (Ih), jumlah perusuh kurang lebih 50 orang dan bercadar ala ninja. Lalu santri tersebut dinaikkan ke dalam truk dan di bawa ke daerah Togolu, pinggir Koala (sungai) Poso. Disinilah pembataian terjadi, santri yang turun dari truk langsung disambut dengan tebasan golok/parang sampai kepalanya lepas dari badannya. Melihat hal ini, Ih langsung terjun ke sungai. Seketika itu ikatan tangannya terlepas. Empat orang santri yang berhasil lolos dari

pembantaian tersebut, Ilham dengan luka bacokan, tusukan golok, berenang menyelusuri sungai Poso kurang lebih 5 km dan berhasil diselamatkan oleh pengungsi (Islam) dan dirawat di pengungsian (Kompi).

Beberapa hari kemudian ditemukan 60 mayat mengambang di Sangai Poso, dan 146 mayat lainnya ditemukan penduduk di tiga titik bentrokan, yakni Kelurahan Sayo,

Kelurahan Mo’engko dan Desa Malei di pinggiran selatan kota Poso. Diperkirakan

mayat-mayat yang ditemukan hanyut di Sungai Poso berasal dari Pesantren

Walisongo, sebab lokasi pasantren tersebut berada di bagian hulu Sungai Poso.

Seorang aparat keamanan setempat mengatakan lima dari puluhan mayat penuh

bacokan sekujur tubuhnya dan terikat menjadi satu yang ditemukan mengapung di

Sungai Poso.

Minggu 28 Mei 2000, Pendeta Donald ditahan petugas pos jaga desa Palawa kec.

Parigi, dari saku pendeta ini ditemukan pula peta lokasi peyerangan. Juga,

selebaran berisi daftar 63 nama oknum dari pihak Kristen yang terlibat sekaligus

jadi penghubung dalam kerusuhan Poso. Dari ke 63 nama itu, di antaranya terdapat

nama Mely, istri kedua konglomerat Taipan terkenal Eka Cipta Wijaya (bos Sinar

Mas group) yang tercantum pada urutan ke-20 sebagai oknum yang turut melibatkan

diri ke dalam konflik Poso.

Minggu 28 Mei 2000, kerusuhan Poso berupa kontak fisik antara Kelompok Merah dan Kelompok Putih semakin meluas, selain terjadi di Kelurahan Sayo (di dalam Kota Poso) juga merambat ke wilayah Kecamatan Lage dan Poso Pesisir. Bentrok fisik terbesar terjadi di Kelurahan Sayo dan di Kasiguncu, ibu kota Kecamatan Poso

Pesisir, melibatkan ribuan massa dari kedua kelompok yang bertikai.

Ketegangan

kian meningkat karena ribuan massa Kelompok Merah dari Kecamatan Pamona Utara,

Mori Atas, Lembo, dan Lore Utara terus berdatangan dan membantu rekan mereka di

lokasi-lokasi kerusuhan. Massa kelompok merah memblokade semua ruas jalan masuk

ke Kota Poso. Tokoh masyarakat dan pemuka agama di Palu mendesak Kapolri Letjen

Rusdihardjo segera memberlakukan Siaga I di Kota Poso dan sekitarnya.

29 Mei 2000

Senin 29 Mei 2000, perang antar pasukan putih dan merah di Kabupaten Poso masih

berlangsung. Setelah menguasai Kota Poso, pasukan merah menuju Desa Masani dan

Takurondo (sekitar 25 km arah utara Kota Poso). Abdul Jihad (26) ditembak dari

jarak lima meter, kepalanya hancur dan langsung tewas seketika, sebagaimana

dilaporkan saksi mata Sudirman (23).

Kelompok merah menggunakan senjata api yang

dipasok dari Manado dengan Helikopter yang diturunkan di Tentena. Sementara,

kelompok putih hanya menggunakan pelontar, senjata rakitan, parang dan tombak.

Aparat perintis dari Polda Sulteng, lari kocar-kacir ketika pasukan merah

mengarahkan senjatanya pada mereka. Saat itu, aparat yang diperbantukan untuk

mengamankan Poso, terdiri dari 3 SSK Polda Sulteng, 1 SST masing-masing dari

Polres Banggai dan Polres Tolitoli, 2 SST dari Korem 132/Tadulako. Di samping 3

SSK yang sudah ada di Poso.

Senin 29 Mei 2000 (kesaksian Abdurrahman, 32): Saya disandera di Tangkura,

sekitar 18 KM dari Sangginora, Poso Pesisir. Saya ditodong dengan Tombak.

Sebagai tawanan, kami diberi makan seperti makanan anjing, disedu dengan

tempurung. Jam 12, saya bergabung dengan tawanan lain di SDN 2 Tangkura. Di

tempat itu ratusan jumlahnya.

Tengah malam, satu mobil kijang pasukan Kristen

datang. Mereka mengambil dua tawanan, Muis dan Arifin. Sekitar 15 menit berlalu,

terdengar bunyi suara tembakan: “…door!” Masing-masing pasukan Kristen diberi

kesempatan mengambil sandera yang dia ingini.

Lantas saya mencoba memberikan

saran kepada pasukan Kristen supaya saya saja yang disandera dan yang lainnya

dibebaskan, tapi tidak digubris. Esoknya giliran saya yang diciduk. Saat itu

saya sedang tertidur. Saya disergap dan diikat. Kedua kaki, kedua tangan, dan

mata saya diikat dengan kain hitam. Dipaksa naik mobil open cup merah sambil

dipukul dengan senjata. Saat itu saya bilang sama mereka, kalau niat bunuh saya,

bunuh saja. Nggak usah dibawa ke mana-mana. Sayapun dibawa. Sampai di

pemberhentian jembatan Sangginora, saya dipindahkan ke mobil dump truck. Betapa

kagetnya saya, di dalam truk itu sudah tergeletak tujuh tubuh manusia. Dalam

perjalanan, tiga mayat dinaikkan pula ke truk itu. Tak lama kemudian truk

berhenti. Ternyata sampai dipinggir jurang. Saya bersama tubuh-tubuh manusia

tadi dicurahkan ke jurang. Mereka pikir, dengan membuang kami ke jurang seperti

itu kami sudah mati. Ternyata, saya bersama dua lainnya masih bernyawa.

Samar-samar saya mendengar suara salah seorang pasukan Kristen berkata dalam

bahasa Poso yang artinya, “Biar mati sendiri di jurang.” Salah seorang dari

kami, mencoba merangkak ke atas jurang. Sayang, dia terlihat oleh pasukan

Kristen yang kebetulan masih berada di bibir jurang. Akhirnya dia tewas

ditembak. Tinggallah kami berdua. Kami saling membuka ikatan. Kami bersembunyi

di hutan satu minggu lamanya. Suatu hari kami diselamatkan seseorang. Kami

menumpang mobil bermuatan kopra dan coklat menuju Tolai, hingga selamat sampai

di Parigi.

30 Mei 2000

Selasa pagi 30 Mei 2000, Kadispen Polda Sulawesi Tengah Kapten Pol Rudi Suprapto

di Palu mengatakan kerusuhan terjadi di Kelurahan Moengko, Gebang Rejo,

Lawengko, dan Sayo. Sejak pagi, perusuh mencoba menekan dengan masuk ke kota,

tetapi sampai pukul 11.00 WIT petugas kemanan berhasil mendorong mereka ke luar

kota. Para perusuh menggunakan senjata tajam dan senjata rakitan. Sedikitnya dua

orang meninggal, sepuluh orang luka berat, dan seorang luka ringan. Kadispen

Polda menyatakan tiga orang yang diduga otak pelaku kerusuhan sudah ditahan.

Perusuh itu transmigran asal Flores yang lahir di Palu.

31 Mei 2000

Rabu 31 Mei 2000, sebuah mobil Ambulance dicegat massa Muslim di Desa Palawa

Parigi yang disinyalir membawa senjata untuk massa Kristen di Kota Poso.

02 Juni 2000

Jum’at pagi 02 Juni 2000 sekitar pukul 06.30 WIT di Kelurahan Kayamanya

tiba-tiba warga pengungsi muslim yang berjumlah 50 orang dan sedang mengungsi di

Masjid Nurusy Sya’adah Kayamanya, diserbu oleh sekitar 700 anggota Pasukan Merah

yang datang dengan menumpang beberapa truk dan mobil bak di bawah pimpinan

Panglima Advent L. Lateka serta

Panglima Wanita Paulin Dai.

Pasukan Merah yang

datang dengan kesombongan sambil membawa bendera merah-putih dan berkoar-koar

menyebut-nyebut nama Yesus si Juru Selamat, ternyata pulang dengan tunggang

langgang setelah Panglimawati Paulin Dai terkena dum-dum di dada kirinya. Nyali

Pasukan Merah pun kontan ciut. Mereka lari. Sayangnya Lateka yang sudah tua

tidak cepat mengikuti langkag kaki pasukan merah yang masih muda. Lateka

tertinggal, dan akhirnya tewas, padahal sebelumnya ia begitu perkasa dan kebal

senjata.

Menurut Agus Dwikarna Ketua Kompak (Komite Penanggulangan Masalah Krisis) di

Poso Sulteng, jumlah korban terbesar terjadi di Desa Sintu Temba, Kabupaten

Poso, sekitar 150 KK tewas dibunuh atau sekitar 350 jiwa. Salah seorang saksi

hidup yang selamat adalah Udin (18). Diceritakan Udin, penyerang datang dalam

jumlah besar pada malam hari dan langsung membantai penduduk yang masih hidup.

Sebagian penduduk, lanjut Udin disandera dan dinaikan truk. Udin sendiri lolos

setelah melompat dari truk yang melaju. Selain di desa Sintu Temba, pembantaian

juga terjadi di Tegalrejo terhadap sekitar 64 KK.

03 Juni 2000

Sabtu 03 Juni 2000, ribuan pengungsi Muslim ditampung di tempat darurat, antara

lain Mess Pemda Tk. II Poso, di Kota Parigi, di Kota Ampana dan di perguruan

Al-Khairat Palu serta pondok pesantren dan Masjid yang ada di Kota Palu dan

Parigi. Massa Kristen telah menguasai kota Poso dan Poso Pesisir dan terus

melakukan pembakaran terhadap rumah-rumah yang ditinggalkan oleh penduduk.

04 Juni 2000

Minggu 04 Juni 2000, Hendra sultan Haji Panyae dibunuh (dipotong) di Kelurahan

Moengko Baru di Hotel Kartika. Korban tidur berempat dengan temannya.

05 Juni 2000

Senin 05 Juni 2000, diperkirakan sudah 5000 orang pengungsi meninggalkan Poso

menuju Parigi yang berjarak sekitar 250 km dari Poso. Jalur transportasi Poso

terputus, satu-satunya jalur yang bisa dilewati transportasi adalah laut. Namun

aparat tidak berani menjamin keselamatan tim kemanusiaan termasuk tim medis dan

wartawan. Ketika sampai di Parigi, kondisi pengungsi sangat memprihatinkan. Anak

balita mereka terserang wabah diare karena sanitasi yang tidak mendukung. Setiap

hari rata-rata ada 5 balita yang harus menjalani pengobatan.

Senin 05 Juni 2000, aparat terlibat baku tembak dengan massa perusuh yang

mencoba masuk kota lewat Jembatan II. Mereka ditaksir tak kurang dari 60 orang.

Karena gagal setelah dipukul mundur aparat mereka kemudian mengalihkan serangan

ke Desa Lembomawo. Desa Lembomawo setelah masuk dalam kepungan kelompok merah,

dikabarkan banyak penduduknya yang hilang. Juga dilaporkan bahwa Tsanawiyah

Alkhairaat Sintuwu Lembo di KM 9 Poso dibakar dan Ustadz Siradjuddin, pimpinan

Tsanawiyah itu dibantai oleh massa perusuh tadi.

06 Juni 2000

Selasa 06 Juni 2000 beredar “Buku Putih” Crisis Centre Majelis Sinode

GKST

(Gereja Kristen Sulawesi Tengah) yang ditandatangani oleh

Pdt. Rinaldy Damanik,

M.Si dan Pdt M Papasi, MTH. Dokumen setebal 24 halaman ini disebarkan kepada

berbagai kalangan seperti Presiden dan Wapres RI, pejabat tinggi/tertinggi

negara, Komnas HAM, Panglima TNI, Kapolri, serta sejumlah kedutaan negara asing

di Jakarta. Isinya sebagian besar menyudutkan umat Islam.

Bentrokan kembali terjadi di Pinggiran Poso (Desa Maleilegi dan Desa Dojo) yang

mengakibatkan Desa Maleilegi hangus terbakar, 66 orang tewas, 92 orang luka-luka

(warga memperkirakan ada 150 kepala keluarga).

Selasa sore 6 Juni 2000, satu anggota TNI Kopda Pornis PD tewas ditembak Pasukan

Merah.

07 Juni 2000

Rabu pagi 7 Juni 2000, di Desa Malei terjadi lagi pertempuran antara Pasukan

Merah dengan aparat. Satu anggota Brimob Polda Sulteng Pratu Ratu Arfan

tertembak dengan luka cukup parah. Komandan Korem 132/Tadulako Kolonel Hamdan Z.

Maulani, mengatakan Kelompok Merah kian aktif menyerang aparat. Kelompok Merah

berani melakukan penyerangan kepada aparat dan tampak arogan. Pernyatan ini

disampaikan Hamdan di hadapan sejumlah tokoh agama dan masyarakat Sulteng, pada

pertemuan dengan Gubernur Sulteng HB Paliudju di Wisma Haji Palu. Tokoh Islam

diwakili oleh Sekretaris Jenderal PB Alkhairaat M. Lationo dan Prof. Tjatjo

Taha. Sedangkan tokoh Kristen diwakili oleh Drs. Datlin Tamalagi dan Drs. FE.

Bungkudapu.

11 Juni 2000

Minggu 11 Juni 2000 Karl Heins Reiche (35) warga negara Jerman yang diduga

memprovokasi massa di sejumlah daerah sebelum kerusuhan Poso meletus, ditangkap

petugas di salah satu hotel di Tana Toraja. Karl yang saat digerebek kepergok

memiliki sejumlah peralatan elektronik canggih itu, tidak bisa memperlihatkan

dokumen resmi (visa, paspor dan surat imigrasi lainnya), ia malah mengelabui

petugas dengan berpura-pura mau mengambil dokumen imigrasi padahal melarikan

diri.

Petugas melakukan pengejaran ke Makale Kabupaten Tator, Karl berhasil

dibekuk di perbatasan Luwu dengan Tator (12/6). Menurut Kapolwil Pare Pare

Kolonel Pol Mardjito, saat diperiksa Karl mengaku sempat mondar-modir di Palopo

dan Tator beberapa waktu lalu untuk memprovokasi massa. Karl juga mengaku

menjadi provokator di Poso dan Tentena, basis utama kelompok Merah, sebelum

kerusuhan Poso meletus. Selain Karl, aparat juga berhasil mengamankan satu dari

2 penduduk lokal yang selama ini bersama Karl memprovokasi massa. Keduanya kini

meringkuk di tahanan Polwil Parepare untuk menjalani pemeriksaan intensif.

Namun, sehari kemudian keberadaan Karl sulit diketahui, Polwil Parepare terkesan

menutup-nutupi keberadaan Karl.

15 Juni 2000

Kamis 15 Juni 2000, sehubungan dengan beredar “Buku Putih” Crisis Centre Majelis

Sinode GKST (Gereja Kristen Sulawesi Tengah), sejumlah 36 Ormas dan OKP

Islam

mengeluarkan pernyataan bersama untuk meluruskan pernyataan-pernyataan yang

termuat di dalam “Buku Putih” tersebut, karena dianggap memutarbalikkan fakta

sebenarnya. Pernyatan bersama ini baru dipublikasikan media massa beberapa hari

kemudian, yaitu 20 Juni 2000.

Kamis 15 Juni 2000 personil TNI yang tergabung dalam Operasi Cinta Damai di

bawah BKO Polda Sulteng di sebuah gereja di Kelurahan Kasiguncu, menemukan 2

pistol rakitan dan 145 peluncur granat, beserta kelewang dan sejumlah tombak.

06 Juli 2000

Kamis 06 Juli 2000, Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Slamet Kirbiantoro kepada

wartawan di Makodam Wirabuana mengungkapkan, dari 29 aparat TNI Kodim Poso yang

diperiksa dalam kasus kerusuhan di Poso Sulawesi Tengah, 7 di antaranya terlibat

langsung saat terjadi kerusuhan, antara lain berupa memberikan bahan pangan dan

peluru ke kelompok perusuh yang mengakibatkan korban tewas semakin banyak.

Menurut Komandan Pomdam Wirabuana Kol. Sudirman Panigoro, ketujuh anggota TNI

tersebut terdiri dari 5 bintara dan 2 perwira. Pada kesempatan itu Mayjen TNI

Slamet Kirbiantoro juga mengatakan, sampai 6 Juli 2000 data yang diterima sudah

211 korban tewas yang telah ditemukan melalui beberapa kuburan massal. Banyaknya

korban yang tewas itu, menandakan benar-benar telah terjadi pembatantan.

“Bayangkan, sepanjang 45 KM di Poso semua rumah dan gedung hancur terbakar,”

ungkap Pangdam.

13 Juli 2000 (Poso)

Kamis 13 Juli 2000, terjadi pembakaran dan penjarahan secara sporadis di

Kecamatan Poso Kota, Kecamatan Lage, dan Poso Pesisir, serta sejumlah kecamatan

di wilayah Kabupaten Morowali seperti Bungku, terutama pada sejumlah rumah atau

bangunan yang ditinggal pemiliknya. Penjarahan juga terjadi di sejumlah kebun

yang ditinggalkan pemiliknya, seperti kebun cokelat dan kelapa yang tidak

dijaga.

25 Juli 2000

Selasa 25 Juli 2000 sekitar pukul 06.00 Wita, panglima perang kerusuhan Poso

Fabianus Tibo ditangkap dalam sebuah operasi intelijen Satgas Cinta Damai yang

dipimpin Komandan Batalyon II Kapten (Inf) Agus Firman Yusmono. Tibo diringkus

di tempat persembunyiannya di rumah salah seorang warga di Desa Jamur Jaya

Kecamatan Lembo (Beteleme), Kabupaten Morowali (Sulteng). Tibo dibawa ke Palu

dengan dikawal langsung Komandan Satgas Cinta Damai Kolonel (Inf) Moch Slamet

untuk diserahkan ke Polda Sulteng.

31 Juli 2000

Senin 31 Juli 2000, Dominggus Soares warga asal Timor Timur yang merupakan salah

seorang dari 10 pimpinan pasukan Kelelawar Hitam (pasukan khusus kelompok merah)

ditangkap pasukan Brimob yang dipimpin Kapolres Poso Superintendent Djasman Baso

Opu dalam operasi khusus di Desa Beteleme, Kabupaten Morowali (400 km tenggara

Palu). Sebelumnya aparat sudah menangkap Guntur (35),

Fabianus Tibo (56),

Very

(34). Pimpinan utama pasukan kelelawar hitam adalah Ir. AL Lateka yang mati

terbunuh pada peristiwa 02 Juni 2000.

24 Desember 2000

Minggu 24 Desember 2000, sejak pukul 02.00 dinihari terjadi kontak senjata

antara sekelompok penyerang (berjumlah sekitar 20 orang) dengan aparat keamanan,

di desa Seppe Kecamatan Lage, Kabupaten Poso, Sulteng. Kontak senjata yang

berlangsung sampai pukul 08.00 itu, menewaskan Juli Tarumba (47) dan Hasan

Basira (50) dan 2 orang lainnya mengalami luka berat.

05 Januari 2001

Jum’at 5 Januari 2001 terjadi serentetan penembakan oleh orang tak dikenal,

terhadap kerumunan warga Muslim di Pandiri, kampung di sebelah timur Danau Poso…

03 April 2001 (Kasus Poso IV)

Selasa 3 April 2001 pukul 04.00 Subuh Pasukan Merah menyerang dengan kekuatan

ratusan orang, masuk melalui kelurahan Sayo, 1 warga Muslim (Rina, 30) tewas

dan 1 aparat Brimob Brigadir Dua Polisi Muslimin tewas. Pukul tujuh pagi

mereka dipukul mundur oleh aparat dan para Mujahid.

05 April 2001

Kamis 05 April 2001,

Tibo (56), Dominggus (45) dan Marinus Riwu (35) menerima vonis mati yang

dijatuhkan hakim Soedarmo SH, Ferdinandus dan Ahmad Fauzi. Tibo dkk dituduh

melanggar Pasal 340, 187, 351 juncto Pasal 55 dan 64 KUHP. Pada persidangan Tibo

menyampaikan surat yang ditulis tangan kepada Majelis Hakim, berisikan tentang

sejumlah 16 nama yang selama ini menjadi penyuplai logistik bagi pasukannya

selama kerusuhan Poso berlangsung. Menurut Tibo, Yahya Pattiro SH yang saat itu menjabat sebagai Asisten IV Sekretaris Daerah

Sulawesi Tengah dan Drs Edi Bungkundapu yang saat itu menjabat sebagai

Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulteng, menjadi aktor

intelektual dalam rusuh Poso Mei hingga Juni 2000. Selain itu, Tibo juga

menyebutkan Tungkanan,

Limpadeli, Erik Rombot,

Angki Tungkanan sebagai aktor

yang berperan dalam kerusuhan Poso.

14 April 2001

Sabtu 14 April 2001, terjadi pembakaran sejumlah rumah ibadah di desa

Ronoruncu, tempat ibadah yang dibakar tersebut sudah tidak lagi dihuni.

16 Mei 2001

Rabu 16 Mei 2001, kantor Camat Poso Pesisir dibakar kelompok tak dikenal dan

menghanguskan seluruh bangunan serta isi kantor itu.

21 Mei 2001

Senin 21 Mei 2001, terjadi aksi penyerangan sekelompok massa Desa Kasiguncu

Kecamatan Poso Pesisir yang mengakibatkan dua orang warga setempat tewas

terkena senjata tajam dan lima orang lainnya menghilang.

10 Juni 2001

Minggu 10 Juni 2001, mobil box yang memuat alat-alat elektronik dan sejumlah

uang hasil tagihan milik Toko Jaya Teknik Makassar yang diperkirakan ratusan

juta rupiah dibakar massa tak dikenal. Akibatnya, Hendra (kernek) dan Ahmad

(sales) tewas terpanggang.

20 Juni 2001

Rabu 20 Juni 2001, H. Anto (39) dan Sudirman (35), dua warga Desa Tokorondo,

Poso Pesisir, ditembak kelompok berpakaian ninja di Desa Pinedapa, Poso

Pesisir.

27 Juni 2001

Rabu 27 Juni 2001, sedikitnya tiga orang tewas dan puluhan luka berat serta

ringan, akibat kontak senjata yang terjadi di sekitar Desa Masani, Desa

Tokorondo, Desa Sa’atu dan Desa Pinedapa, Kecamatan Poso Pesisir.

2 Juli 2001

Senin 2 Juli 2001, terjadi bentrokan massa di Malei Lage, Kecamatan Lage,

Poso. Akibatnya, 85 rumah dibakar dan satu warga tewas, serta satu rumah

ibadah (gereja) terbakar.

03 Juli 2001

Selasa Subuh 03 Juli 2001, pasukan merah membantai sekitar 14 korban terdiri

dari kaum wanita dan anak-anak dengan sadis di Dusun Buyungkatedo.

18 Juli 2001

Rabu 18 Juli 2001, sedikitnya dua orang tewas dan delapan luka-luka akibat

kontak senjata antara kelompok putih dan kelompok merah di sekitar Desa

Pendolo dan Uwelene, Kecamatan Pamona Selatan, daerah perbatasan Sulawesi

Tengah dan Sulawesi Selatan.

24 Juli 2001

Selasa 24 Juli 2001, ratusan warga muslim Poso berunjuk rasa di Markas Polda

Sulteng. Unjuk rasa berakhir kacau, setelah bom meledak di samping ruangan

Kaditserse Polda.

3 September 2001

Senin 3 September 2002, Rektor Universitas Sintuwu Maroso Poso, Drs Kogego

ditembak oleh penembak misterius di Jembatan Poso. Korban mengalami pendarahan

serius.

17 September 2001

Senin 17 September 2001, dua warga Desa Betania, Kecamatan Poso Pesisir,

Kabupaten Poso, tertembak oleh kawanan penembak misterius: Matius Bejalemba

(35), warga Desa Betania mengalami luka tembak di bagian kepala, pinggang

sebelah kiri dan lengan sebelah kiri serta Kainuddin Lubangkila (45) yang

hanya mengalami luka di bagian perut.

14 Oktober 2001

Minggu 14 Oktober 2001, bus angkutan milik PO Antariksa jurusan Palu-Tentena

diberondong tembakan oleh sekelompok orang di ruas jalan di Kecamatan Sausu,

Kabupaten Donggala, 150 kilometer arah timur Palu. Akibatnya, seorang

perempuan berusia 24 tahun tewas dan sedikitnya enam orang lainnya mengalami

luka tembak.

18 Oktober 2001

Kamis 18 Oktober 2001, bus angkutan umum milik Perusahaan Otobus (PO)

Primadona, dibakar sekolompok massa tak dikenal di sekitar Kelurahan

Kayamanya, Kota Poso. Rompa (34), warga Bungku Barat tewas akibat dianiaya dan

tertusuk senjata tajam di bagian perutnya.

23 Oktober 2001

Selasa 23 Oktober 2001, ratusan warga muslim dari Desa Mapane, Kec. Poso

Pesisir, membakar puluhan pos polisi. Aksi pembakaran itu dilatar-belakangi

adanya penangkapan terhadap 42 warga Poso untuk menjalani pemeriksaan di

Markas Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah.

31 Oktober 2001

Rabu 31 Oktober 2001, puluhan rumah dan satu gereja di bakar kelompok tak

dikenal di Desa Pinedapa dan Kasiguncu, sekitar 20 kilometer arah Barat Kota

Poso.

01 November 2001

Kamis 01 November 2001, warga Desa Malitu, Poso Pesisir, tiba-tiba diserang

kelompok tak dikenal. Akibatnya, 129 rumah warga habis dibakar dan Nasa (45)

terkena tembakan di bagian paha kiri. Selain ratusan rumah terbakar, fasilitas

umum juga ikut dibakar, seperti kantor kepala desa, kantor koperasi, gedung

taman kanak-kanak, rumah ibadah (gereja), kantor PKK, rumah dinas guru dan

kepala sekolah.

08 November 2001

Kamis 08 November 2001, warga Sayo membakar truk bermuatan ikan cekalang

basah. Belakangan diketahui mobil itu memang tujuan Tentena, dikawal seorang

anggota Brimob. Di dalam mobil truk ditemukan bensin satu jirigen dan beberapa

botol aqua berisi bensin.

09 November 2001

Jum’at 09 November 2001, kontak senjata terjadi di sekitar Jembatan Dua,

perbatasan

Kelurahan Lembomawo dan Sayo, Kecamatan Poso Kota. Akibatnya, seorang warga

tewas dan dua lainnya luka-luka. Bersamaan dengan itu, di Kelurahan Sayo juga

terjadi pembakaran enam rumah dan barak.

10 November 2001

Sabtu 10 November 2001, terjadi baku tembak antara massa bertikai di dalam

kota dan massa dari luar kota Poso. Bentrokan itu menewaskan Yazet (40), dari

pihak penyerang dan beberapa orang lainnya terluka.

26 November 2001

Senin 26 November 2001, sekitar pukul 01.00 wita Gereja Bethany Poso, di Jalan

Pulau Kalimantan, Sulawesi Tengah, hancur akibat ledakan bom. Sebelum dibom,

gereja terlebih dahulu dibakar dengan menggunakan bahan bakar bensin. Tidak

ada korban jiwa, karena seluruh warga gereja sebelumnya sudah mengungsi ke

Tentena, sekitar 100 kilometer dari Poso.

27 November 2001

Selasa 27 November 2001, terjadi kontak senjata antara dua kelompok bertikai

di Desa Betalemba, Kecamatan Poso pesisir, Kabupaten Poso. Walau tidak ada

korban jiwa, kontak senjata itu menjadikan Poso kembali tegang.

03 Desember 2001

Senin 03 Desember 2001, ratusan warga Kota Poso mendatangi Markas Kodim 1307,

untuk meminta kejelasan keterlibatan anggota TNI dalam penculikan warga Toyado

sehari sebelumnya. Menurut warga, anggota TNI menculik delapan warga yang

sedang sahur di barak Toyado dan selanjutnya diserahkan ke kelompok merah.

Sempat terjadi keributan dengan pihak kepolisian yang menjaga unjuk rasa itu,

hingga kemudian terjadi penembakan yang menewaskan Sarifuddin (30), warga

Kayamanya dan empat orang lainnya luka.

19 Desember 2001

Rabu 19 Desember 2001, delapan warga Buyung Katedo, Desa Sepe, Kecamatan Lage

Poso, diserang orang tak dikenal. Untungnya, kedelapan petani yang sedang

memetik buah coklat di kebunnya, itu berhasil menyelamatkan diri.

20 Desember 2001

Kamis 20 Desember 2001, Deklarasi Malino

ditandatangani. Kelompok Islam dan Kristen yang bertikai di Poso, Sulawesi

Tengah, sepakat untuk berdamai dan menghentikan konflik. Kesepakatan itu

diperoleh setelah seluruh pimpinan lapangan dan perwakilan kedua kelompok

menandatangani perjanjian damai di Malino, Gowa, Sulawesi Selatan. Kesepakatan

itu kemudian dituangkan dalam Dekralasi Malino. Deklarasi dibacakan Menko Kesra

Jusuf Kalla selaku mediator. Dalam kesempatan tersebut, kedua pihak menandatangi

kesepakatan yang terdiri dari sepuluh butir :

1. Menghentikan semua bentuk konflik dan perselisihan.

2. Menaati semua bentuk dan upaya penegakan hukum dan mendukung pemberian

sanksi hukum bagi siapa saja yang melanggar.

3. Meminta aparat negara bertindak tegas dan adil untuk menjaga keamanan.

4. Untuk menjaga terciptanya suasana damai menolak memberlakukan keadaan

darurat sipil serta campur tangan pihak asing.

5. Menghilangkan seluruh fitnah dan ketidakjujuran terhadap semua pihak dan

menegakkan sikap saling menghormati dan memaafkan satu sama lain demi

terciptanya kerukunan hidup bersama.
6. Tanah Poso adalah bagian integral dari Indonesia. Karena itu, setiap warga

negara memiliki hak untuk hidup, datang dan tinggal secara damai dan

menghormati adat istiadat setempat.

7. Semua hak-hak dan kepemilikan harus dikembalikan ke pemiliknya yang sah

sebagaimana adanya sebelum konflik dan perselisihan berlangsung.

8. Mengembalikan seluruh pengungsi ke tempat asal masing-masing.

9. Bersama pemerintah melakukan rehabilitasi sarana dan prasarana ekonomi

secara menyeluruh.

10. Menjalankan syariat agama masing-masing dengan cara dan prinsip saling

menghormati dan menaati segala aturan yang telah disetujui baik dalam bentuk

UU maupun dalam peraturan pemerintah dan ketentuan lainnya.

04 April 2002

Kamis 04 April 2002, dua bom rakitan meledak di daerah Desa Ratulene,

Kecamatan Poso Pesisir, tepatnya di Kantor Perusahaan Daerah Air Minum.

28 Mei 2002

Minggu 28 Mei 2002, bom rakitan meledak di tiga lokasi berbeda: di pantai

penghibur di Jalan Ahmad Yani, dekat Hotel Wisata, di pasar sentral Poso yang

mengakibatkan empat los terbakar dan di pertigaan bekas terminal Poso bom.

05 Juni 2002

Rabu 05 Juni 2002, bom yang diletakan di dalam bus PO Antariksa jurusan

Palu-Tentena meledak di sekitar Desa Toini, Kecamatan Poso Pesisir (sekitar 10

kilometer arah Barat jantung Kota Poso). Akibatnya, empat penumpang tewas dan

16 penumpang lainya mengalami luka. Korban tewas adalah Dedy Makawimbang (30)

dan Edy Ulin (25) yang tewas di tempat kejadian, sementara Gande Alimbuto (76)

dan anaknya, Lastri Oktaffin Alimbuto (19) tewas di RSU Poso.

01 Juli 2002

Senin 01 Juli 2002, bom berkekuatan low explosive meledak di Desa Tagolu,

Kecamatan Lage, Kabupaten Poso. Tidak ada korban akibat ledakan bom itu.

12 Juli 2002

Jum’at 12 Juli 2002, bom berdaya ledak cukup kuat menghantam bus Omega jurusan

Palu-Tentena, di Desa Ronoruncu, Kecamatan Lage, Kabupaten Poso dan menewaskan

seorang remaja putri, Elfa Suwita Dolia (17), warga Desa Tokilo, Kecamatan

Pamona Selatan.

19 Juli 2002

Jum’at 19 Juli 2002, Nyoman Mandiri (26) dan Made Jabir (26), dua warga Kilo

Trans, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, tewas ditembak penembak

misterius saat melintas di jalan raya di Desa Masani.

04 Agustus 2002

Minggu 04 Agustus 2002, kelompok tak dikenal menyerang Desa Matako, Kecamatan

Tojo, Kabupaten Poso. Serangan mendadak itu menghanguskan 13 rumah penduduk,

membakar dua rumah ibadah (gereja) dan melukai enam warga setempat.

08 Agustus 2002

Kamis 08 Agustus 2002, warga negara Italia, Lorenzo Taddei (34), tewas

ditembak orang tak dikenal dalam perjalanan dari Tanah Toraja, Sulawesi

Selatan menuju Sulawesi Tengah, di sekitar Desa Mayoa, Kecamatan Pamona

Selatan, Kabupaten Poso. Penembakan itu juga melukai Heronimus Banculu, 36

tahun yang tertembak di bagian paha kiri, Timotoius Kemba, 52 tahun yang

tertembak di bagian lengan kanan, Karingan, 21 tahun, yang tertembak di bagian

paha kanan dan Berting, 45 tahun, yang tertembak di bagian kepala bagian kiri.

12 Agustus 2002

Senin 12 Agustus 2002, gerombolan bersenjata menyerang Desa Sepe Silanca dan

Batu Gencu di Kecamatan Lage. Akibatnya, Sulaweno, Kania, Omritakada, Salangi

dan satu orang lainnya yang belum teridentifikasi tewas dengan sekujur tubuh

terbakar. Damai Pangkunah dan Simon Tangea mengalami luka berat tertembak di

bagian dada dan paha. Selain itu, ratusan rumah hangus terbakar dan rata

dengan tanah.

16 Agustus 2002

Jum’at 16 Agustus 2002, kerusuhan Poso merambah ke Kabupaten Morowali. Terjadi

aksi penyerangan oleh kelompok tak dikenal di Desa Mayumba, Kecamatan Mori

atas Kabupaten Morowali -138 kilometer dari Poso. Aksi itu menyebabkan 43

rumah warga terbakar dan delapan kios jualan warga ikut musnah. Selain itu, L

Petra (67) mengalami luka tembak di bagian paha dan seorang balita, Erik

meninggal di pelukan ibunya.

26 Agustus 2002

Senin 26 Agustus 2002, terjadi hampir bersamaan, dua bom meledak di dua tempat

dan mengakibatkan seorang polisi, Bripda Pitriadi (21) dan satu warga sipil,

nyonya Zainun (22) mengalami luka serius. Bom pertama meledak di Jalan

Morotai, Kelurahan Gebang Rejo dan bom kedua meledak di Jalan Yos Sudarso,

Kelurahan Kasintuwu.

04 Desember 2002

Rabu 04 Desember 2002, Agustinus Baco (57) warga Desa Kawende, Kecamatan Poso

Pesisir, meninggal di tempat akibat diterjal peluru.

05 Desember 2002

Kamis 05 Desember 2002, Toni Sango (23) pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten

Poso, dan Oeter (23) tewas akibat ditembak orang tak dikenal.

26 Desember 2002

Kamis 26 Desember 2002, Kepala Desa Tokorondo, Kecamatan Poso Pesisir,

Kabupaten Poso, M Jabir (52), ditemukan tewas dengan kondisi mengenaskan di

Jalan Trans Sulawesi menghubungkan Gorontalo-Sulteng-Sulsel akibat tembakan.

02 Juni 2003

Senin 02 Juni 2003, Yefta Barumuju (37) penduduk dusun Kapompa, Kelurahan

Madale, Kecamatan Poso Kota tewas di tempat setelah ditembak orang tak

dikenal. Ia diterjal peluru dibagian dada dan paha kanan. Kawan korban, Darma

Kusuma (35) selamat walau rusuk dan lutut kanannya juga terkena timah panas.

07 Agustus 2003

Kamis 07 Agustus 2003, bom rakitan meledak di rumah Aisyah Ali, warga Jalan

Pulau Sabang Kelurahan Raya Manya, Kota Poso. Akibatnya, menewaskan Bahtiar

alias Manto (20) yang bekerja sebagai nelayan.

11 September 2003

Kamis 11 September 2003, bom berkekuatan cukup besar meledak di tengah

kerumunan massa persis di depan kantor Lurah Kasiguncu, Kecamatan Poso

Pesisir. Lima warga luka-luka.

10 Oktober 2003

Jumat 10 Oktober 2003, bias rusuh Poso terjadi di Desa Beteleme, ibu kota

Kecamatan Lembo, Kabupaten Morowali (sekitar 300 kilometer dari Kota Poso).

Puluhan orang tak dikenal menyerang desa itu dengan memakai penutup muka ala

cadar. Akibatnya, tiga warga sipil: Derina Mbai (48 tahun), Hengky Malito (36

tahun) dan Oster Tarioko (47 tahun) tewas, sementara satu warga lainnya

dilarikan ke rumah sakit setempat karena terkena tembakan di bagian kaki.

Selain itu, 27 unit rumah terbakar, tiga mobil terbaka dan tujuh sepeda motor

terbakar, serta satu unit sepeda motor hilang.

11 Oktober 2003

Sabtu 11 Oktober 2003, sekelompok orang tak dikenal menyerang empat desa:

Pantangolemba, Saatu, Pinedapa di Kecamatan Poso Pesisir dan Madale di

Kecamatan Poso Kota. Akibatnya, satu warga Desa Pinedapa, Ayub (26) tewas

seketika, sementara tujuh korban lainnya belum teridentifikasi. Penyerangan

itu juga melukai 14 warga di empat desa itu.

14 Oktober 2003

Selasa 14 Oktober 2003, situasi Poso kembali tegang menyusul sebuah bom

rakitan meledak Kelurahan Kasiguncu, Kecamatan Poso Pesisir, sekitar 12

kilometer dari Kota Poso.

17 Oktober 2003

Jum’at 17 Oktober 2003, kelompok penyerang Poso kembali beraksi. Kawasan Tanah

Runtuh, Kelurahan Gebang Rejo, Kecamatan Poso Kota diserang. Akibatnya, satu

buah bangunan bengkel kerajinan souvenir kayu ebony ludes terbakar, dapur

rumah milik Naufal dibakar, dan kaca depan rumah Anshori yang juga kantor

Yayasan Amanah berhamburan di lantai. Tapi, kejadian itu tidak memakan korban

jiwa.

11 November 2003

Selasa, 11 November 2003, bom rakitan jenis low explosive meledak di Kota

Tentena, ibukota Kecamatan Pamona Utara, wilayah basis pengungsi Kriten Poso.

Bom itu meledak di kantor agen Pengangkutan Oto (PO) Bus Omega yang melayani

penumpang jurusan Palu-Tentena.

15 November 2003

Sabtu 15 November 2003, polisi menyerbu sebuah rumah yang diperkirakan tempat

para tersangka pelaku penyerangan tanggal 11 Oktober 2003. Dari penyerbuan ini

menewaskan Hamid.

16 November 2003

Minggu 16 November 2003, ribuan massa mengepung Markas Kepolisian Resor Poso

lantaran tidak menerima kematian Hamid (18), warga Tabalu, Kecamatan Poso

Pesisir yang mati ditembak. Selain itu, polisi juga menangkap dua warga Tabalu

dan Ratolene lainnya, yaitu Zukri yang kemudian dilepas dan Irwan Bin Rais

yang masih ditahan.

17 November 2003

Senin 17 November 2003, tiga orang merusak bus dengan menggunakan linggis dan

senjata api rakitan di Desa Kuku, Kecamatan Tamona Utara, Poso.

19 November 2003

Rabu 19 November 2003, belasan orang bersenjata menyerang pos penjagaan aparat

di Dusun Taripa, Desa Toini, Kecamatan Poso Pesisir.

26 November 2003

Rabu 26 November 2003, bom rakitan yang berkekuatan rendah meledak di Jalan

Pulau Irian, Tanah Runtuh, Poso.

29 November 2003

Sabtu, 29 Npvember 2003, empat nyawa melayang dalam dua kejadian serangan

kelompok tidak dikenal berbeda, di Poso. I Made Simson dan I Ketut Sarmon

tertembak di Desa Kilo Trans Poso Pesisir, sementara Ruslan Terampi dan Ritin

Bodel tewas di Desa Rompi, Ulu Bongka Pesisir Utara.

23 Desember 2003

Selasa 23 Desember 2003, bom berdaya ledak rendah meledak di depan kantor

Lurah Lembomawo, Kecamatan Poso Kota, Kabupaten Poso.

26 Desember 2003

Jum’at 26 Desember 2003, terjadi ledakan yang diperkirakan berada di

perbatasan Kelurahan Gebang Rejo dan Lembomawo, Kecamatan Poso Kota.

04 Januari 2004

Minggu 04 Jnauari 2004, Kepolisian Resor Poso menemukan tiga bom aktif di Desa

Tabalu, Kecamatan Poso Pesisir.

18 Januari 2004

Minggu 18 Januari 2004, satu bom aktif ditemukan di perbatasan Kelurahan

Moengko Lama dan Kayamanya, pinggiran kota Poso.

24 Januari 2004

Sabtu 24 Januari 2004, aparat Kepolisian Resor Poso, Bharada Azis mengalami

luka tembak di bagian betis kaki kirinya setelah diberondong tiga orang

bercadar di Desa Masani, Kecamatan Poso pesisir.

27 Maret 2004

Selasa 27 Maret 2004, Christian Tanalida (37) tewas terkena aksi penembakan

misterius di Kelurahan Kawua, Kota Poso.

30 Maret 2004

Selasa 30 Maret 2004, terjadi aksi penembakan misterius yang menewaskan Dekan

Fakultas Hukum Universitas Sintuwu Maroso (Unsimar) Poso, Rosio Pilongo SH.MH,

di Kampus Universitas Sintuwu Maroso Poso.

13 April 2004

Selasa 13 April 2004, sehari menjelang hari Idul Fitri, terjadi ledakan bom

yang mengguncang kawasan Pasar Sentral Poso, menewaskan enam warga, meledak di

dalam angkutan kota jurusan Poso-Tentena sekitar pukul 09.20 Wita.

17 April 2004

Sabtu 17 April 2004, polisi menemukan 21 bom rakitan di Poso, tersebar di tiga

kecamatan, dua diantaranya di kecamatan Poso kota dan Poso pesisir. Bom

ditemukan di ditimbun perkebunan coklat yang sekitar rumah penduduk

18 Juli 2004

Minggu 18 Juli 2004, Pendeta Susianti Tinulele ditembak pria tidak dikenal

ketika sedang memimpin ibadah di Gereja Efatha di Jalan Banteng, Palu Selatan.

Pada kejadian itu, empat jemaat terkena luka akibat berondongan peluru, yakni

Farid Melindo (15), Christianto (18), Listiani (15) dan Desri (17). Mereka

terluka peluru di bagian lutut, pinggul, dan paha.

13 November 2004

Sabtu 13 November 2004, terjadi ledakan bom yang menewaskan enam orang dan

mencederai tiga lainnya.

03 Januari 2005

Senin 03 Januari 2005, terjadi ledakan bom di dekat Asrama Brimob dan hanya

menimbulkan kerusakan bangunan.

28 April 2005

Kamis 28 April 2005, terjadi ledakan dua bom di Kantor Pusat Rekonsiliasi

Konflik dan Perdamaian Poso sekitar pukul 20.00 Wita. Bom kedua meledak di

Kantor Lembaga Penguatan Masyarakat Sipil pukul 22.00 Wita. Tidak ada korban

jiwa.

28 Mei 2005

Sabtu pagi 28 Mei 2005, terjadi ledakan bom pada pukul 08.15 Wita di Pasar

Tentena dan pukul 08.30 Wita di samping Kantor BRI Unit Tentena, Kecamatan

Lore Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, menewaskan sedikitnya 22 orang

dan melukai 70 orang lainnya. Bom rakitan berdaya ledak tinggi itu berisikan

potongan paku, menggunakan timer sebagai pemicu, dan batu baterai 1,5 volt

yang berfungsi sebagai arus listrik.

29 Oktober 2005

Sabtu 29 Oktober 2005, tiga siswi SMUK GKST Poso ditemukan tewas dengan tubuh

dan kepala pisah.

8 November 2005

Dua siswi SMK ditembak orang tak dikenal di depan rumahnya.

30 Desember 2005

Bom meledak di Pasar Maesa, Palu Selatan. Korban tewas 7 orang dan 50 orang

luka-luka.

08 Mei 2006

Senin 08 Mei 2006, selepas shubuh empat orang anggota Densus 88 diserang warga

Poso, dua sepeda motor mereka dibakar. Keempat orang itu berhasil meloloskan

diri dari amuk warga. Saat itu, anggota Densus 88 hendak menangkap seorang

warga Kelurahan Lawanga, Kecamatan Poso Kota, Poso, bernama Taufik Bulaga (24

tahun). Penyerangan itu sebagai bentuk ketidaksukaan warga terhadap Densus 88

yang suka seenaknya menangkap orang.

03 Agustus 2006

Kamis 03 Agustus 2006, sekitar pukul 20.45 Wita terjadi ledakan cukup keras di

sekitar Kompleks Gedung Olah Raga Poso, Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan

Kasintuwu, Poso.

31 Agustus 2006

Kamis 31 Agustus 2006, Brigadir Jenderal Polisi Oegroseno menyerahkan jabatan

Kepala Polda Sulawesi Tengah kepada Komisaris Besar Badrudin Haiti di Mabes

Polri. Kepala Polri Jenderal Sutanto selanjutnya menempatkan Oegroseno sebagai

Kepala Pusat Informasi dan Pengolahan Data Divisi Telematika Mabes Polri.

22 September 2006

Jum’at 22 September 2006, Tibo dkk dieksekusi mati.

29 September2006

Jumat siang 29 September 2006, terjadi empat ledakan bom yang disusul pecahnya

kerusuhan massa di Taripa, Kecamatan Pamona Timur. Sekitar 500 orang mengamuk

dan merusak fasilitas polisi, membakar pos polisi, membakar truk dan mobil

patroli aparat keamanan, membakar beberapa sepeda motor, dan melempari

helikopter milik kepolisian. Kemarahan massa dipicu kekecewaan karena Kepala

Polda Sulawesi Tengah menolak berdialog dengan mereka perihal eksekusi Tibo

Cs.

30 September 2006

Sabtu 30 September 2006 sekitar pukul 22:00 WITA, bom meledak di dekat Gereja

Maranatha, Kelurahan Kawua. Satu jam kemudian bom meledak di dekat Kantor

Camat Poso Kota Selatan di Jalan Tabatoki. Juga terjadi pelemparan granat oleh

dua orang tak dikenal terhadap kerumunan orang di Kelurahan Kawua, Kecamatan

Poso Kota.

01 Oktober 2006

Minggu malam 01 Oktober 2006, kelompok berpenutup kepala ala ninja beraksi,

menghadang mobil sewaan di rute Parigi-Makassar yang berhenti karena terhalang

bangkai sepeda motor. Ninja membacok punggung dan menghantam kepala Jelin, 20

tahun, dengan benda keras dalam insiden di Kelurahan Kayamanya, Kecamatan

Poso, itu. Penghadangan juga dialami Ebiet, pekerja perusahaan pemasok tabung

gas elpiji. Ebiet sempat diculik selama dua hari di Pamona Selatan, sekitar 60

kilometer dari Poso.

16 Oktober 2006

Senin 16 Oktober 2006, Pendeta Irianto Kongkoli Sekretaris Umum (Sekum) Sinode

GKST (Gereja Kristen Sulawesi Tengah) ditembak mati oleh orang tak dikenal di

kawasan Jalan Monginsidi, Kelurahan Lolo Selatan, sekitar pukul 08;15 Wita.

Ketika itu, korban yang ditemani istri (Iptu Rita Kupa) dan anaknya Gemala

Gita Evaria (4) hendak berbelanja bahan bangunan (tegel) di Toko Sinar Sakti.

Korban langsung di larikan ke rumah sakit (RS) Bala Keselamatan sekitar 500

meter dari tempat kejadian perkara (TKP), namun jiwanya tidak berhasil

diselamatkan. Sementara Ny Rita dan anaknya Gea berhasil lolos dari musibah

berdarah itu. Pendeta Irianto Kongkoli direncanakan menggantikan Pendeta

Rinaldy Damanik yang mengundurkan sebagai Ketua Majelis Sinode Gereja Kristen

Sulawesi Tengah (GKST) setelah terpidana mati kasus Poso Tibo cs dieksekusi

mati. 6 )

18 Oktober 2006

Rabu 18 Oktober 2006, jenazah Pendeta Irianto Kongkoli sekitar pukul 10.00

Wita disemayamkan di Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GSKT) Anugerah Masomba

yang terletak dibilangan Jln Tanjung Manimbaya. Acara pelepasan dan pemakaman

dipimpin langsung oleh Pendeta Isak Pole Msi (Ketua I Majelis Sinode GKST).

21 Oktober 2006

Sabtu 21 Oktober 2006, kerja keras tim penyidik Kepolisian Daerah Sulawesi

Tengah (Polda Sulteng) dibantu Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes

Polri berhasil membawa 11 orang untuk diperiksa sehubungan dengan kasus

penembakan Pendeta Irianto Kongkoli.

22-23 Oktober 2006

Minggu 22 Oktober 2006 dan Senin 23 Oktober 2006, terjadi bentrokan antara

anggota Brigade Mobil (Brimob) dengan warga Kelurahan Gebangrejo, Kota Poso.

Bentrokan pada malam Idul Fitri itu terjadi karena polisi tidak sensitif

terhadap umat Islam. Akibatnya, seorang warga tewas, tiga lainnya luka-luka

(termasuk seorang anak berusia empat tahun), sebuah mobil polisi dan beberapa

sepeda motor terbakar.

27 Oktober 2006

Jum’at 27 Oktober 2006, SBY bertolak ke China melalui bandara Halim Perdana

Kusumah.

08 November 2006

Senin 08 November 2006, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat mulai mengadili

Hasanuddin (34), salah seorang terdakwa pembunuh tiga siswi SMA di Poso yang

terjadi 29 Oktober 2005. Tim jaksa yang diketuai Payaman mendakwa Hasanuddin

sebagai perencana pembunuhan Alfita Poliwo, Theresia Morangki, dan Yarni

Sambue.

14 November 2006

Selasa 14 November 2006, Andi Lalu alias Andi Bocor menyerahkan diri. Setelah

diperiksa tiga hari, Andi dilepas.

28 November 2006

Selasa 28 November 2006, Iskandar alias Ateng Marjo dan Nasir, dua di antara

29 orang pada daftar pencarian orang Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah,

menyerahkan diri ke Kepolisian Resor Poso.

11 Januari 2007

Pada Kamis 11 Januari 2007, sekitar pukul Pukul 06.00 WITA, Densus 88 dan dua

SSK Brimob Sulteng menggeledah rumah Basri (DPO) di Jl Pulau Jawa II Kelurahan

Gebangrejo, Poso Kota. Karena tak menemukan orang yang dicari, aparat

melanjutkan pencarian ke rumah Yadit (DPO) yang terletak sekitar 50 meter

meter dari rumah Basri. Di rumah Yadit, aparat menemukan Dedi Parshan (DPO)

yang sedang tertidur.

Pukul 6.30 WITA, Dedi yang berusaha melarikan diri tewas dengan rentetan

tembakan di bagian lengan kanan dan kiri dan terlihat luka tusukan di dada.

Sekitar 300 m dari rumah Yadit, tepatnya di pesantren Al Amanah, Tanah Runtuh,

ratusan polisi mengepung dan menembak mati ustadz Riansyah di bagian kepala.

Sementara ustadz Ibnu yang juga pengajar pesantren Al Amanah, luka tertembak

di bagian perut dan punggung.

Penyergapan melibatkan dua tim CRT (Cepat Reaksi Tanggap) Polres Poso,

diperkuat dua SSK (Satuan Setingkat Kompi) anggota Brimob Polda Sulteng.

Hasilnya, lima dari 29 warga yang ditetapkan dalam DPO itu ditangkap. Mereka

adalah Dedi Parshan (28), Anang Muhtadin alias Papa Enal (40),

Upik alias

Pagar (22), Paiman alias Sarjono (33), dan Abdul Muis (25). Anang, Upik dan

Muis mengalami luka tembak di beberapa bagian tubuh mereka.

Kematian Ustadz Riansyah membuat warga marah. Bripda Dedy Hendra anggota

Polmas (Polisi Masyarakat) di Kelurahan Tegal Rejo yang mengendarai sepeda

motor seorang diri, melntas di TPU Lawanga saat prosesi pemakanan terhadap

Ustadz Riansyah berlangsung. Puluhan pelayat yang masih tersulut emosi akibat

kematian Ustadz Riansyah segera melakukan pencegatan. Dedi dihakimi hingga

tewas di tempat. Jenazah Bripda Dedy Hendra setelah disemayamkan di Mapolres

Poso, diterbangkan ke Bandung (Jawa Barat) pada Jumat pagi (12 Jan 2007)

menggunakan pesawat khusus milik Polri.

Sebelumnya, November 2006 lalu, sudah ada tiga dari 29 DPO yang menyerahkan

diri. Pada Selasa 14 Nov 2006, Andi Lalu alias Andi Bocor menyerahkan diri.

Setelah diperiksa tiga hari, Andi dilepas. Dua pekan kemudian, Selasa 28 Nov

2006 Iskandar alias Ateng Marjo dan Nasir menyerahkan diri ke Kepolisian Resor

Poso.

Dengan demikian, sejak November 2006 hingga 11 Januari 2007, sudah ada 8 dari

29 DPO yang berhasil diamankan aparat.

14-15 Januari 2007

Minggu malam (14 Jan 2007) hingga Senin dini hari (15 Jan 2007), terjadi

ketegangan antara anggota polisi dengan sekelompok warga. Maka, pengamanan

diperketat dengan menyebar pasukan dalam jumlah yang lebih banyak di

titik-titik strategis. Belasan anggota polisi bersenjata lengkap disiagakan di

ruas-ruas jalan utama dalam kota Poso, padahal pada hari biasanya jumlah

anggota polisi yang disiagakan kurang dari lima orang. Selain itu, puluhan

kendaraan taktis berisi pasukan bersenjata juga mengintensif patroli dalam

kota Poso. Beberapa kendaraan taktis diparkir di ruas-ruas jalan yang dinilai

rawan seperti di Jalan Pulau Bali, Pulau Serang, Pulau Irian dan Pulau

Sumatera.

15 Januari 2007

Senin sore (15 Jan 2007), aparat keamanan di kota Poso kembali bersitegang

dengan sekelompok warga di Jalan Pulau Irian Kelurahan Gebang Rejo. Warga

Jalan Pulau Irian mulai terkonsentrasi sejak pukl 15:00 Wita, saat polisi

meningkatkan pengamanan dengan mengerahkan beberapa kendaraan taktis ke

kawasan tersebut. Sekitar pukul 18:15 Wita, mulai terdengar rentetan letusan

senjata api disertai bunyi tiang listrik dipukul-pukul membuat sebahagian

warga berlarian menuju arah Jalan Pulau Irian. Suara letusan senjata api dan

dentuman tiang listrik terdengar hingga pukul 19:00 Wita, bahkan sesekali

terdengar suara ledakan keras yang diduga kuat bersumber dari bom rakitan di

sekitar Kelurahan Gebang Rejo dan Kelurahan Kayamanya. Aliran listrik di Jalan

Pulau Sumatera sempat padam, sementara warga di Jalan Pulau Irian, Jalan Pulau

Jawa dan Jalan Pulau Madura sengaja memadamkan aliran listrik. Sekelompok

warga di ketiga jalan yang berada dalam wilayah Kelurahan Gebang Rejo ini juga

membuat blokade di ruas jalan dengan menaruh benda-benda keras seperti batu,

kayu dan drum. Hingga pukul 22.00 wita suara tembakan belum mereda. Tidak ada

korban jiwa.

16 Januari 2007

Hingga Selasa siang (16 Jan 2007), situasi tegang dan mencekam masih terus

dirasakan. Penyerangan atas Polres Poso oleh sekelompok waga berlangsung

semalam suntuk, menggunakan berbagai jenis senjata api, termasuk bom.

Kapolda Sulawesi Tengah, Brigjen Pol Drs Badrodin Haiti, mengeluarkan maklumat

tertanggal 16 Januari 2007, berisi perintah antara lain melakukan tindakan

tegas hingga tembak di tempat kepada siapa pun yang memiliki, menyimpan,

atau membawa senpi dan bahan peledak tanpa otoritas yang sah. Menurut Kabid

Humas Polda Sulteng, AKBP M Kilat, masyarakat yang memiliki, menguasai atau

menyimpan senpi, amunisi, serta bahan peledak dengan tanpa hak juga diminta

untuk segera menyerahkan kepada aparat berwajib secara sukarela. Dasar

dikeluarkannya maklumat tersebut sudah jelas antara lain UU No 2 Tahun 2002

tentang Kepolisian RI, UU No 8 Tahun 1981 tentang KUHAP, UU No 12 Tahun 1952

tentang senjata api dan bahan peledak, Peraturan Polda Sulteng Tahun 2006

tentang batas akhir penyerahan senpi, amunisi dan bahan peledak secara

sukarela di wilayah Sulteng.

Maklumat tersebut mendapat kecaman dari Ketua BMMP (Barisan Muda Muslim Poso)

Drs Zulkifli Kay, yang menilai maklumat itu terlalu berlebihan. Kay juga

mengatakan, maklumat tembak di tempat memberi kesan telah terjadi konflik

terbuka dengan eskalasi yang luas, sehingga membuat situasi keamanan di Poso

tidak terkendali.

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Sisno Adiwinoto, sehubungan dengan maklumat

tersebut menyatakan, di dalam prosedur Polri tidak dikenal istilah tembak di

tempat. Setiap anggota polisi, telah dibekali pengetahuan kapan saatnya dapat

menggunakan senjata apinya. Tanpa perintah tembak di tempat, setiap anggota

polisi harus tahu kapan tepatnya harus menarik pelatuk senjata apinya. Dengan

keluarnya perintah itu, kalau terjadi sesuatu yang berakibat hukum dan harus

berhadapan dengan divisi propam, merupakan risiko Kapolda Sulteng.

18 Januari 2007

Kamis pagi tanggal 18 Januari 2007, sebuah bom hampa berdaya ledak rendah

meledak di Jalan Pulau Sumbawa Kelurahan Gebang Rejo kota Poso, Sulawesi

Tengah (Sulteng). Bom meledak sekitar pukul 09:20 Wita di dalam saluran air,

tepatnya di belakang Kantor PT Bank Sulteng Cabang Poso atau sekitar 100 meter

dari Mapolres Poso dan Pasar Sentral Poso yang terletak di Jalan Pulau

Sumatera. Kapolres Poso AKBP Drs Rudi Sufahriadi mengatakan, bom jenis low

explosive itu terbuat dari (casing) botol air mineral dengan bahan sulfur dan

florat. Pelakunya diduga dari kelompok yang selama ini menjadi buron polisi

dengan ciri-ciri rambut gondrong dan berpostur tinggi besar. Tidak ada korban

jiwa, hanya sempat membuat kaget sebagian pedagang dan pengunjung di Pasar

Sentral Poso. Aktivitas masyarakat secara umum berlangsung normal.

Kamis malam tanggal 18 Januari 2007, terjadi ledakan bom di dua tempat.

Ledakan pertama terjadi di Jalan Pulau Aru, Kelurahan Gebangrejo sekitar pukul

18:00 Wita, tepatnya di belakang Gereja Eklesia Poso. Ledakan tersebut sempat

membuat warga di sekitar gereja panik meski tidak ada korban jiwa. Ledakan

kedua terjadi di Jalan Pulau Sumatera sekitar pukul 22:30 Wita yang berlokasi

di depan Pasar Sentral Poso. Lokasi ledakan tersebut hanya berjarak sekitar

100 meter dari Mapolres Poso. Ledakan kedua membuat aktivitas jual beli di

pasar terganggu. Para penjual dan pembeli memutuskan pulang lebih awal untuk

menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kedua ledakan tersebut tidak

menimbulkan korban jiwa hanya sempat membuat panik beberapa warga di sekitar

lokasi.

20 Januari 2007

Sabtu, 20 Januari 2007 sekitar pukul 13:30 Wita, ditemukan sebuah bom rakitan

ukuran panjang sekitar 15 centimeter dengan diameter berkisar lima centimeter,

di pinggiran jalan bagian depan Gereja Advent di Kelurahan Kasintuwu, Poso

Kota, Sulawesi Tengah (Sulteng). Menurut Kapolres Poso AKBP Drs Rudi

Sufahriadi, bom aktif yang belum meledak dan berada dalam kantong plastik

berwarna hitam itu berhasil diamankan petugas Jihandak, dan segera dibawa

dengan mobil khusus ke Markas Brimob Polda Sulteng di Kelurahan Moengko untuk

diledakkan.

22 Januari 2007

Senin 22 Januari 2007, situasi kota Poso memanas sejak sekitar pukul 08:30

Wita, terdengar suara rentetan tembakan di Jalan Pulau Irian Kelurahan

Gebangrejo, Poso Kota. Hasilnya, dua warga Poso bernama Paijo (40) dan Kusno

(35) mengalami luka tembak karena peluru nyasar akibat peristiwa baku tembak

antara pihak kepolisian dan para Daftar Pencarian Orang (DPO) Poso di Jalan

Irian, Poso Kota. Paijo yang berprofesi sebagai tukang ojek menderita luka

tembak di lengan kiri bagian atas sedangkan Kusno (penjual bakso) mederita

luka tembak di kepala bagian atas, keduanya sempat mengalami perawatan di RSUD

Poso. Menurut Kabid Humas Polda Sulteng AKBP M Kilat SH MH, anggota kepolisian

Ipda Maslikan menderita luka tembak di bagian paha, dan langsung dilarikan ke

Rumah Sakit Bhayangkara Palu, Sulawesi Tengah.

Bentrokan antara aparat dengan warga yang terjadi 22 Januari 207 sekitar pukul

07.30 WITA hingga 16.00 WITA, berlangsung di beberapa lokasi, yaitu Jalan

Pulau Nias, Jalan Pulau Sabang, Jalan Pulau Mentawai di Kelurahan Kayamanya.

Di Kelurahan Gebang Rejo tersebar di Jalan Pulau Kalimantan, Pulau Irian,

Pulau Seribu, Pulau Seram, dan Pulau Jawa. Serta di perbukitan hutan jati yang

berada di perbatasan Kelurahan Gebangrejo dan Desa Lembomawo. Dari bentrokan

ini jatuh korban tewas antara lain Ustadz Mahmud, Ustadz Yakub, Ustadz Idrus,

dan seorang warga yang akrab disapa Om Gam.

Insiden bakutembak di Jalan Pulau Kalimantan Kelurahan Gebang Rejo

mengakibatkan empat anggota Brimob terkena peluru senjata api, seorang di

antaranya bernama Bripda Rony Iskandar tewas dengan luka tembak di bagian

kepala. Pangkat Ronny dinaikkan menjadi Briptu anumerta. Sedangkan sedangkan

korban luka selain Ipda Muslihan, juga Bripda I Wayan Panda (anggota Brimob),

Bripda Wahid, Brigadir Dudung Adi (anggota Brimob), Brigadir Kosmas (anggota

CRT Mabes Polri). Rony adalah anggota Brimob yang di-BKO di Densus 88 Anti

Teror Polda Sulteng. Sedangkan Muslihan adalah anggota Densus 88, dan Bripda

Wahid adalah anggota Brimob Sulteng. Menurut Kabid Humas Polda Sulteng AKBP

Muhammad Kilat, Selasa 23 Jan 2007, korban tewas dari kelompok bersenjata

berjumlah 13 orang.

Identitas 13 korban tewas itu adalah Tengku Irsan alias Icang, Ridwan alias

Duan, Firmansyah alias Firman (Siswa MTs Negeri Poso) luka tembak di bagian

perut, Nurgam alias Om Gam (luka tembak di bagian kepala), Idrus Asapa, Toto,

Yusuf, Muh Sapri alias Andreas, Aprianto alias Mumin, Hiban, Huma, Sudarsono,

dan Ridwan Wahab alias Gunawan, Ustadz Mahmud (luka tembak di kepala).

Dari 13 anggota kelompok bersenjata yang tewas hanya satu orang yang masuk

dalam DPO, yaitu Icang. Tengku Firsan alias Icang, diduga aparat sebagai

perakit hampir semua bom yang diledakkan di Poso dan Palu. Icang juga diduga

aparat terlibat peledakan bom di Pasar Sentral Poso, peledakan bom di Pasar

Maesa, Palu, dan penembakan lima anggota Brimob di Ambon pada tahun 2005.

23 Januari 2007

Selasa 23 Januari 2007, menurut Kadiv Humas Polri Irjen Sisno Adiwinoto, tiga

orang yang masuk dalam DPO menyerahkan diri. Mereka adalah Iswadi alias Is,

Yasin alias Utomo, dan Faizul alias Takub. Sementara itu, sebanyak dua SSK

(Satuan Setingkat Kompi) anggota Brimob Kelapa Dua Jakarta dikerahkan ke Poso,

Sulawesi Tengah (Sulteng), untuk memperkuat pengamanan di wilayah yang sepekan

terakhir kembali memanas. Pasukan elit Polri ini dipimpin Kompol Gatot selaku

Kepala Detasemen serta AKP Muhammad Tedjo dan Iptu Iwan masing-masing sebagai

Komandan Kompi. Sebelumnya sudah ada sembilan SSK pasukan Brimob kiriman yang

di BKO (Bawah Kendali Operasi)-kan di Mapolres Poso. Dengan demikian total

seluruh pasukan Brimob BKO di daerah konflik itu sebanyak 11 SSK atau sekitar

1.100 personil. Sedangkan jumlah personil Polisi dan TNI organik maupun

nonorganik di Poso, termasuk di Kabupaten Tojo Unauna dan Morowali (daerah

pemekaran Poso) berkisar 5.000 orang.

Saksi Poso Berbicara Di Jakarta

laporan Syarifuddin AmbalawiHanya selang 2 hari setelah sweeping Brimob terhadap 16 muslim Poso yang termasuk dalam DPO (Daftar Pencarian Orang) yang menyebabkan tewasnya belasan penduduk sipil muslim Poso 22 Jan 2007 lalu, Ust. Ahmad kemudian diutus oleh Ust. Adnan Arsal, tokoh agama Islam Poso setempat, untuk ke Jakarta melaporkan fakta sebenarnya. Kamis, 25 Jan 2007, Ust. Ahmad didampingi beberapa tokoh Forum Umat Islam, termasuk Ust. Abu Bakar Ba’asyir dari Majelis Mujahidin Indonesia dan Habib Rizieq dari Front Pembela Islam, mendatangi Komnas HAM untuk menyampaikan fakta.

Rekaman Video Yang MenjijikkanRekaman video kekejaman ‘Kristen Radikal’ pada masa sebelum kesepakatan Malino dipersaksikan. Tampak belasan mayat anak kecil Muslim sedang dikumpulkan, diantaranya ada anak balita yang 1/3 tempurung kepala bagian atasnya lepas terbacok rata (kemudian disambungkan lagi), usus terburai dan anak kecil lainnya yang punggung atau bahunya terbelah lebar dan dalam bekas bacokan. Disisi lain tampak pula mayat-mayat orang dewasa termasuk para wanita dewasa. Mayat seorang ibu terlihat pergelangan tangannya putus rata dibacok dengan senjata yang sangat tajam yang menyebabkan bekas bacokannya sangat ‘rata’.

Suatu rekaman video penutup akhirnya diputarkan yang menyebabkan teriakan ledakan marah para pemuda ormas Islam yang ikut hadir disertai teriakan histeris para wartawan yang ikut menyaksikan.

Dalam rekaman ini tampak seorang pemuda muslim Poso sedang dikeroyok oleh sekelompok pemuda Kristen Radikal (istilah yang dikemukakan Habib Rizieq untuk membedakannya dengan umat Kristen umum). Sebuah golok telah menyabet kulit kepala pemuda tersebut hingga terkelupas selebar dan setebal kue serabi, sehingga terlihat daging berwarna putih dan kelupasan kulit kepala yang masih menggantung di kepalanya terumbai-umbai ketika ia bergerak kesana kemari. Pemuda muslim ini terlihat masih bisa berdiri dan teriak-teriak minta tolong pada polisi bersenjata lengkap yang ada disekitarnya namun tak berdaya atau tak berani atau tak mau bertindak tegas. Beberapa pemuda Kristen Radikal terlihat masih terus memukulnya dengan kayu, sementara seorang pemuda lainnya menombak dada kiri pemuda malang tersebut dengan sebilah bambu runcing. Pemuda tersebut melepas tombak bambu itu dengan tangannya, lalu dengan kepala yang berlumuran darah, kulit kepala terkelupas, baju penuh darah, ia berjalan terhuyung menuju mobil polisi yang ada 3 meter disampingnya. Sesaat terlihat kelupasan kulit kepala pemuda tersebut masih melambai tergantung diatas telinganya akibat gerakan tubuhnya. Seorang polisi yang ada dalam mobil tersebut mengusirnya ketika pemuda malang itu minta perlindungan, mungkin polisi itu jijik mempersilahkannya masuk ke mobil atau bisa juga ia takut melindungi pemuda itu sementara puluhan pemuda Kristen Radikal sedang memukulinya. Walau akhirnya pemuda malang tersebut bisa diselamatkan ke sebuah mobil patroli bak terbuka polisi, namun dari sekitar 20 – 30 polisi yang ada di lokasi hanya 1-2 orang yang terlihat berusaha melerai, namun dengan cara seadanya.

Andi Baso, tokoh penandatangan Perjanjian Malino, yang ikut hadir menjelaskan bahwa itu masih belum apa-apa dibanding laporan yang ia terima dimana beberapa wanita dewasa di suatu desa di Poso diperkosa para Kristen Radikal dan beberapa diantaranya kemaluannya dimasukkan botol dengan paksa, ditendang kemaluannya, dan lalu sebagian mati ditempat. Kabar lain mengatakan Tibo pernah menyembelih seorang anak kecil dan meminum darahnya yang sedang mengalir dari lehernya langsung ke mulutnya.

Kecemburuan Sosial Sebagai Sumbu Perang Antar Umat Beragama Poso

Menurut Andi Baso, pemicu awal perang Poso adalah kecemburuan sosial dari umat Kristen terhadap kemajuan umat Islam di Poso. Warga Kristen Poso sudah biasa menenggak minuman keras sehingga bangun telat, ke ladang telat, kerja telat, akhirnya ekonomi memburuk. Sedang warga muslim, ditambah pengaruh transmigran muslim dari Jawa, yang selalu bangun subuh untuk sholat subuh, lalu berangkat kerja sejak subuh, lantas lebih cepat maju. Akibat kemajuan ekonomi umat Islam, lantas lebih banyak mesjid dibangun, lalu uang lebih banyak tersedia untuk beli pengeras suara. Kemajuan rumah ibadah dan pengeras suara ini merupakan friksi awal yang memulai kecemburuan sosial. Secara logika dalam situasi seperti ini provokasi dari luar lebih mudah meledakkan umat Kristen, sebaliknya tidak ada artinya provokasi bagi umat Islam yang tidak memiliki kecemburuan sosial.

Perjanjian MalinoDitandatanganinya Perjanjian Malino adalah langkah akhir pihak Kristen Radikal untuk ‘menyerah’ akibat kemenangan umat Islam yang dipimpin oleh sebagian diantaranya adalah para 16 DPO muslim yang kini dicari-cari polisi. Kalau saja Kristen Radikal tidak kalah rasanya tidak akan mau mereka menandatangani perjanjian Malino ini. Jadi bagi mereka Perjanjian Malino menjadi semacam alat untuk melindungi mereka dari kehancuran yang lebih besar lagi dalam perang antar umat beragama ini. Hal ini terbukti bahwa Perjanjian Malino dijadikan alat untuk mengulur waktu bagi mereka untuk menyusun kekuatan menyerang balik. Dan serangan balik ini benar-benar akhirnya terjadi.

Pasca Hukuman Mati Tibo Cs : Berubah Menjadi Perang Dengan Aparat Brimob & TNI

Kekejaman umat Kristen Radikal yang antara lain dipimpin oleh Tibo Cs telah menewaskan lebih dari 2000 umat Islam Poso. Perjanjian Malino ditandatangani, dan Tibo Cs dihukum mati. Umat Islam lega, tapi hanya sebentar. Karena pembantaian masih terjadi.

Kesepakatan Malino dinodai, ketika senjata diserahkan ke kepolisian, umat Islam pun diserang lagi. Umat Islampun membalas. Bom meledak, pelajar dibunuh, dan sebagainya. Kepolisian kemudian menetapkan 16 Daftar Pencarian Orang (DPO) muslim Poso yang dianggap sebagai penyebab. Penetapan 16 DPO inilah yang lantas merubah peta perang yang tadinya antara Kristen Radikal dengan umat Islam Poso menjadi antara Aparat Kepolisian & TNI dengan umat Islam Poso. Kristen Radikal pun undur sejenak, diperkirakan mereka menyimpan senjatanya sementara.

Umat Islam Poso berjanji akan menyerahkan 16 DPO muslim asalkan 19 tokoh Kristen Radikal (termasuk Pendeta Damanik) yang disebutkan Tibo Cs sebagai dalang penggerak Kristen Radikal agar juga diperiksa. Ini prinsip keadilan. Syarat lain yang mereka kemukakan adalah agar DPO diperiksa sebagai tersangka bukan sebagai pesakitan. Sangat sulit bagi keluarga DPO dan warga muslim Poso untuk menyerahkan 16 DPO ini karena kenyataannya beberapa saudara kandung DPO yang diciduk saja disiksa lalu mati dibunuh (namun polisi mengatakannya mati karena sakit). Kalau saudaranya si DPO saja disiksa dan dibunuh, bagaimana pula dengan DPO nya sendiri. Ketika berita di media massa melaporkan bahwa belasan muslim penyerang Brimob berhasil ditembak polisi, sungguh ini berita bohong. Menurut kesaksian mereka, yang terbunuh ada yang wanita dan anak-anak. Bahkan ketika dikatakan ada pelindung DPO yang terbunuh, sebenarnya mereka sudah diciduk beberapa hari sebelumnya, kemungkinan dibawa kesana untuk dibunuh sehingga solah-olah terbunuh saat baku tembak.

Di stasiun TV kita lihat minggu lalu sekitar 8 orang penduduk sipil yang melapor karena disiksa oleh Kepolisian karena tinggal di wilayah DPO. Ustadz Ahmad sendiri menyaksikan seorang temannya ditembaki polisi, dan ketika ia menanyakan alasannya, polisi (Brimob) mengatakan alasannya karena ia memukul-mukul tiang listrik. Apakah memukul tiang listrik suatu tindakan kejahatan ? Ketika dikejar terus dengan protes, pak Polisi hanya bilang ini keputusan politik, bukan keputusan kami. Lha.. Ini cermin tindakan berlebihan Brimob dan TNI terhadap umat Islam. Kenapa tindakan tegas tidak mereka dilakukan ketika pemuda muslim Poso dikeroyok, ditombak dan dibacok di depan polisi hingga kulit kepalanya terkelupas terumbai-umbai.

Kasus Poso Tidak Boleh Diputihkan

Habib Rizieq yang hadir di Komnas HAM mengatakan bahwa ia menolak keras sikap Wapres Jusuf Kalla yang hanya menindak tegas setiap pelaku kerusuhan pasca Perjajian Malino. Sikap ini berarti mengganggap bahwa kasus sebelum Malino diputihkan alias tidak perlu dipermasalahkan lagi. Tidak ada kasus kriminal yang boleh diputihkan, katanya. Perhatikan, bahwa masa sebelum Perjanjian Malino adalah masa pembantaian 2000 umat Islam oleh Kristen Radikal dibawah kendali 19 orang yang disebutkan Tibo Cs.

Bagaimana kematian 2000 umat Islam Poso dianggap tidak pernah ada. Sedangkan masa Pasca Malino adalah masa terjadinya kasus pembalasan umat Islam (16 DPO) terhadap Kristen Radikal akibat pelanggaran mereka terhadap Perjanjian Malino (penyerangan perkampungan muslim).

Ketika Habib Rizieq diminta pemerintah menengahi kasus Poso dan 16 DPO ini, ia mendengar dari seorang ibu yang anaknya termasuk seorang DPO, bahwa 16 DPO siap menyerahkan diri asal dengan syarat 19 daftar nama Kristen Radikal yang disebut Tibo Cs juga diproses, syarat kedua, ada jaminan tidak disiksa. Ibu itu berkala lagi, baginya lebih senang menerima mayat anaknya mati terbunuh di medan perang dari pada menyaksikan anaknya kembali dari Kepolisian dalam keadaan cacat akibat disiksa. Ingat, DPO adalah tersangka, artinya belum tentu mereka bersalah, karena masih harus melalui proses pengadilan untuk membuktikannya.

Media Massa pun Ikut Tidak AdilKetika belasan umat Islam Poso tewas dalam serangan Brimob ke perkampungan muslim untuk mencari para DPO, sementara itu hanya 1 orang anggota Brimob yang tewas, maka hampir semua media massa memberitakan kesedihan yang meliputi keluarga sang Brimob. Bahkan berita dukacita kematian anggota Brimob ini dibahas tuntas hingga ke kehidupan pribadinya selama ini dan kemudian diulang-ulang dalam setiap pemberitaan berikutnya dalam durasi yang panjang. Seandainya penderitaan, penyiksaan dan kekejaman terhadap umat Islam Poso dapat ditayangkan seluruhnya secara lengkap di TV, maka saya yakin tak ada seorangpun yang tertarik lagi menonton infotainment.

Sementara itu ketika rekaman video yang disebut diatas ditayangkan di Komnas HAM, puluhan wartawan yang hadir berteriak histeris atau meringis jijik. Namun malamnya atau sorenya, ketika kunjungan ke Komnas HAM diberitakan, isinya hanya menyatakan bahwa ‘sekelompok umat Islam yang menamakan dirinya Forum Umat Islam mendatangi Komnas Ham untuk meneliti kasus Poso’ . Lantas wawancara yang disiarkanpun adalah wawancara terhadap salah satu wakil Komnas HAM, yang komentarnya akan mempelajari kasus ini karena mereka harus menerima informasi dari berbagai sumber. Ketika menampilkan orang yang sedang berdemopun hanya ditampilkan 4 – 5 orang yang berseragam hitam-hitam, padahal peserta demo hari itu ada sekitar 150 orang dari FPI, HT, Bulan Bintang dan MMI. Sungguh mereka tidak menampilkan pernyataan keras Ust. Abu Bakar Ba’asyir yang mengatakan siap menyerukan jihad umum kepada seluruh umat Islam Indonesia bila penyelesaian Poso tidak adil. Atau pernyataan Habib Rizieq yang menuntut Komnas HAM mengajukan Yufus Kalla dan mantan kepala BIN, Hendropriyono, agar diperiksa karena melindungi kejahatan terhadap umat Islam.

Apalagi harian Kompas, yang memberitakan tokoh Muslim Poso, Ust. Adnan Arsal, menganjurkan 16 DPO menyerahkan diri. Tapi Kompas tidak ada atau tidak lengkap menuliskan syarat-syarat yang dikemukakan Ust. Adnan Arsal agar DPO mau menyerahkan diri.

Jusuf Kalla dan Logika Peran Tokoh Islam

Perhatikan logika ini dengan baik ! Masalah Poso dalam kacamata Islam harus diselesaikan dengan pendekatan Nahi Munkar (memberantas kejahatan), bukan sekedar Amar Ma’ruf (mengajak berbuat baik). Sabtu malam, 27 Januari 2007, Wapres Yusuf Kalla mengundang tokoh Islam untuk mendiskusikan penyelesaian Poso. Setelah selama ini pak Yusuf ini mendengar laporan Poso dari sisa-sisa informasi dari Ketua BIN yang lama, Hendropriyono (yang pernah tersangkut kasus pembantaian Muslim Lampung), maka rupanya pak Yufuf ini mencoba mencari solusi dialog dengan tokoh Islam. Ia sendiri yang mendefinisikan siapa tokoh Islam yang pantas menyelesaikan masalah semacam ini.

Secara logika, maka seharusnya yang diundang adalah ahli nahi munkar atau tokoh ormas Islam yang bergerak dibidang nahi munkar, antara lain FPI, MMI, FUI, dan lain-lain. Lucunya yang diundang adalah tokoh organisasi amar makruf dan organisasi politik Islam, seperti NU, Muhammadiyah, PKS, dll. Bahkan diundang juga tokoh ‘intelektual’ muslim semacam Komarudin Hidayat dan Syafi’i Maarif. Kalaupun Ja’far Umar Thalib (mantan Panglima Laskar Jihad) diundang dalam acara ini, tentulah dengan pertimbangan bahwa ia seorang mantan organisasi perjuangan nahi munkar yang kabarnya kini sudah ‘menyesali’ perbuatannya dan kini fokus ke amar makruf.

Bagaimana suatu masalah Nahi Munkar diselesaikan oleh tokoh-tokoh agama yang spesialis Amar Makruf ? Katakanlah mereka cukup memahami masalah Nahi Munkar, tapi toh sebatas wacana atau paling tinggi dalam level di mimbar mesjid, bukan dalam pergerakan konkret di lapangan. Adalah wajar bila saksi mata atau intel Islam di Poso selama ini melaporkan kekejaman musuh Islam kepada tokoh-tokoh ormas Nahi Munkar semacam Habib Rizieq atau Ust Abubakar. Toh tidak mungkinlah mereka melaporkan hal semacam ini kepada partai PKS atau Gusdur atau Aa Gym atau Syafii Maarif atau Komarudin Hidayat. Ini sama juga diibaratkan seorang Presiden meminta pendapat Menteri Keuangan untuk mencari jalan keluar terhadap masalah keamanan atau masalah suatu peperangan. Pastilah sang Menteri Keuangan melihatnya dari kacamata budget dan laba rugi.

Detik ini, ketika Anda sedang membaca tulisan ini. Bisa saja Pak Yusuf Kalla lagi istirahat di tempat tidurnya yang empuk. Bisa saja Hendropriyono lagi karaoke dengan mantan Jenderal lainnya. Bisa saja sementara itu Anda sedang duduk di kafe sambil membaca tulisan ini ditemani secangkir kopi. Bisa saja saat ini seorang warga muslim Poso sedang diperiksa oleh Brimob bagian interogasi lantas dijepit keras kedua kakinya dengan dua potong kayu bergerigi yang dirantai agar mengaku atau mengarang cerita palsu. Bisa saja lubang gigi geraham seorang anggota keluarga DPO detik ini sedang ditusuk dengan benda runcing agar mengaku dimana menyembunyikan DPOnya. Atau kaki seorang muslim Poso baru saja dipatahkan dengan benda tumpul karena tidak mau bekerjasama dengan Brimob.

Bagi yang prihatin atau berpihak pada umat Islam Poso, minimal anda bisa mendoakan mereka saat ini juga. Bagi yang tidak peduli atau yang membenci umat Islam Poso, timbul rasa penasaran saya untuk melihat bagaimana kelak Allah akan memperlakukan mereka di akhirat. (Syarifuddin Ambalawi)

Sumber : SwaraMuslim.net

Comments :

133 komentar to “Kilas Balik Konflik Poso (2002 - 2008)”

lagi lagi gara gara miras

fadil ahmad nur mengatakan...
on 

hihihihihihi,.,.,.,
kita dah g bisa bikin apa2 lagi kalo dah jadi kayak gitu mas....
hanya bisa berdoa supaya g bkalan ada lagi kejadian kayak itu.

BujangKere mengatakan...
on 

gilaaaaaaaaaaaaaa
gg adill bangett nii

Anonim mengatakan...
on 

ya ampuunn paraaahhh nyaaa
knaap d jawa santai santai saja yaaa?

Anonim mengatakan...
on 

Aku bangga di sebut Teroris ...... wlupun aku tdk tahu apa yang di maksud teroris, krn sku terlahir dari apa yang aku alami dan apa yang aku rasakan...

Hari-hariku hanya terdengar suara ledakan dan tangisan warga yang keluarganya terbantai, sungai poso menjadi saksi ribuan mayat terhanyut.... SKALI LAGI AKU BANGGA DISEBUT TERORIS !!!!!!!!!


by : ORANG POSO/NAPI

Anonim mengatakan...
on 

data & faktanya kayaknya cuma di ambil secara sepihak. hanya dari satu sisi ...
banyak tragedi & peristiwa yg gak di ceritakan .

Anonim mengatakan...
on 

setuju dengan yang diatas, sepertinya datanya cuma diambil secara sepihak dan satu sisi saja...he..he.h.e dasar provokator goblok

Anonim mengatakan...
on 

hanya orang yang goblog juga yang mau terpengaruh dan mencela orang lain hanya gara2 dari sudut mana penulis mau menuliskan ceritanya. ini semua pelajaran untuk hati kita semua betapa ruginya orang yang mengkotak-kotaknya SARA.. sederhana khan?

Unknown mengatakan...
on 

kayak diary aja..teratur bgt..jalan cerita nya bagus..hanya ceritanya kelihatan bgt alurnya hanya dilihat dari 1 sisi..apa benar demikian? hanya penulis saja yang tau pasti.. :)

Anonim mengatakan...
on 

ngaur nih yang posting, ketahuan copy paste, kog tulisannya bnyak samax yah dgn blog lain. bloger goblok, pasti yang terprovokasi dari blog ini lebih goblok lagi. haha

Anonim mengatakan...
on 

@yang barusan koment :D

Bozt anonim saia minta maap sebelumnya eaaa...
saia mmang akui kalo ini hasil copas dari web sebelah, n saia juga cman ngarepin ma bang anymous, sebelum comment "PLEASE READ CAREFULLY" eaa, di bagian paling ujung postingan ini telah saia cantumkan sumber tempat saia copas ni postingan, jadi jangan langsung comment ngawur,.. biar ga ketauan gebleknya :P~

BujangKere mengatakan...
on 

mboh lek penting damai........! kaya jambi kota beradat...moga propinsi di indonesia makin beradat dan bersatu

Anonim mengatakan...
on 

kepada yg komentarnya ngawur diatas,
di harap mikir dulu pake otak sebelum komen,

hal ini bukanlah ditinjau dari satu pihak saja, tetapi fakta yg terjadi memang begitu adanya,
disini umat ISLAM memang benar2 diperlakukan dengan sangat tidak adil, bahkan dari pihak manapun.

jadi bagi setiap umat islam yg membaca blog ini tidak tersentuh hatinya untuk menciptakan keadilan bagi umat ISLAM, sesungguhnya dia adalah kafir...........

ALLAHU AKBAR

MERDEKA

Anonim mengatakan...
on 

weleh2.. Koq ceritanya kental sekali diskriminatifnya.. Yang jadi korban itu bukan muslim saja bung.. Yang dari nasrani juga banyak korbannya.. Kalo mau kasih artkel yang berbobot dong. Kalo ente bikin artikel ini porsinya kagak berimbang kesannya ente punya niat buar provokasi... oh ya tentang rekaman video yang pemuda dibacok itu kayaknya ente salah tuh. Itu kejadian pas kerusuhan sampit tahun 2001 dolo. Jadi gak usah hiperbol duech...

By. PECINTA DAMAI

Anonim mengatakan...
on 

dari jaman dulu orang kristen emang kayak gitu ke kaum muslim , semoga kafir2 kristen cepet pada mati deh ,

Anonim mengatakan...
on 

1 lagi , gak malu apa orang kristen jadi budak yahudi hahaha

Anonim mengatakan...
on 

Wahai umat muslim di indonesia antek2 dajjal harus segera di musnahkan dari muka bumi.
Mari kita brjuang mengangkat pedang kita melawan kekafiran ALLAHUAKBARR

ervin slagianto mengatakan...
on 

menurut ane sih...konflik antar agama tuch gak akan pernah bisa reeeda bro...bahkan sdah dmulai sjak dari dulu khan

Anonim mengatakan...
on 

2:nga malu yah orang muslim kerja nya nyium2 tanah........

1 lagi apa sih guna nya puasa.....hahahahahhahahahahahahahahahahahahahahahahhhha ::brakomanda:: brani kore mandi darah...

Anonim mengatakan...
on 

makassar 02.34 am
Allahu Akbar!!
Subhanallah, menetes air mata saya membaca postingan ini.
Kejadian poso ini terjadi ketika saya masih duduk di bangku SD, waktu itu 2 orang paman saya (adik dari ibu saya) juga berangkat ke poso menjawab panggilan jihad ketika saudara2 muslim kita di bantai, saya memang berasal dari keluarga muslim yang cukup keras.
Saat ini saya adalah mahasiswa semester 5 di universitas Hasanuddin makassar, seandainya waktu itu saya sudah mampu, saya pasti ikut berjuang di poso melawan musuh2 Allah. Bersyukurlah mereka yang mati syahid di jalan Allah, surga akan menjadi peristirahatannya yang abadi, InsyaAllah.

Azhar mengatakan...
on 

http://mazzipul.heck.in/mp3-kristologidebat-islam-vs-kristen.xhtml

Anonim mengatakan...
on 

BOs hapuuus aja ini postingan..POSO sudah aman dan damai..Islam dan Kristen di sana saudara ba saudara..jadi mereka sudah tidak pusing dengan pemberitaan "miring" dari Jawa ataupun dari Luar..

mereka sudah capeek di adudomba...ok
plisss hapuus postingan ini..
apapun makanannya, minumannya tetap air putih..

Anonim mengatakan...
on 

yohoyohoo....
Hei orang2 goblok!mau aje yee..! terpngaruh ni artikel
padahal,tujuannyakan agar kta tau ttng peristiwa itu..dan mengambil hikmah dibalik semua pristiwa saling bantai mbantai itu...jngan di ambil ksimpulan nya se enaknya gtu dong...
Atau BOOM ATOM aja tuh Ambon sekalian biar kelar tuh konflik....
Yohohoyohoo....

Anonim mengatakan...
on 

yohoyohoo....
Hei orang2 goblok!mau aje yee..! terpngaruh ni artikel
padahal,tujuannyakan agar kta tau ttng peristiwa itu..dan mengambil hikmah dibalik semua pristiwa saling bantai mbantai itu...jngan di ambil ksimpulan nya se enaknya gtu dong...
Atau BOOM ATOM aja tuh Ambon sekalian biar kelar tuh konflik....
Yohohoyohoo....

Anonim mengatakan...
on 

yohoyohoo....
Hei orang2 goblok!mau aje yee..! terpngaruh ni artikel
padahal,tujuannyakan agar kta tau ttng peristiwa itu..dan mengambil hikmah dibalik semua pristiwa saling bantai mbantai itu...jngan di ambil ksimpulan nya se enaknya gtu dong...
Atau BOOM ATOM aja tuh Ambon sekalian biar kelar tuh konflik....
Yohohoyohoo....

Anonim mengatakan...
on 

kalo di adu ama dayak SAMPIT?
mana yang meennang eeaa??pasti seru tuch Battle nya.kan, sama2 kagak punya OTAK !saling bantai saudare nyee gitu.Setanah Air laagiii!!

Anonim mengatakan...
on 

Ceritanya Cuma di ambil secara sepihak aja nihh.. kalo memang itu di lakukan oleh orang nasrani paling juga tuh orang tdk ngerti agamanya dan tdk pernah ke gereja…! Dan siapapun para pelaku kerusuhan harus di hukum dgn seberat- beratnya sesuai hukum yg berlaku di Negara ini..krn ajaran agama tdk mengajarkan orang untuk mabuk- mabuk miras apalagi sampai menyakiti orang lain…! dan sampai kapanpun agama itu suci dan tidak perlu di bela dgn cara seperti itu…!!!

Unknown mengatakan...
on 

hehe kayak yang di israel dan palestina aajaa.

Anonim mengatakan...
on 

keenapaaa ya??ada umat yg tega menyalib Tuhan nya sendiri?masak tuhan disalib dan di kasih SEMPAAK...apa elu kgak tegaa

eh iyaa..buruan diangkat ntar keburu hujaan

Anonim mengatakan...
on 

keenapaaa ya??ada umat yg tega menyalib Tuhan nya sendiri?masak tuhan disalib dan di kasih SEMPAAK...apa elu kgak tegaa

eh iyaa..buruan diangkat ntar keburu hujaan
kasian kan tuhan nya ujan ujanan

Anonim mengatakan...
on 

keenapaaa ya??ada umat yg tega menyalib Tuhan nya sendiri?masak tuhan disalib dan di kasih SEMPAAK...apa elu kgak tegaa

eh iyaa..buruan diangkat ntar keburu hujaan
kasian kan tuhan nya ujan ujanan

Anonim mengatakan...
on 

trus gw harus bilang wow stelah baca artikel diatas?ga bgt deh........., hahahahaha......., hari gini masih mempermasalahin SARA, lagian sumber nya juga cuma dari satu pihak, ga obyektif bgt tu artikel......, artikel ini sbaik nya dicetak trus dibawa ke pakistan sono, kalo mo bunuh2 an dsana aja, jngan di negeri tercinta ini.....

Anonim mengatakan...
on 

trus gw harus bilang wow stelah baca artikel diatas?ga bgt deh........., hahahahaha......., hari gini masih mempermasalahin SARA, lagian sumber nya juga cuma dari satu pihak, ga obyektif bgt tu artikel......, artikel ini sbaik nya dicetak trus dibawa ke pakistan sono, kalo mo bunuh2 an dsana aja, jngan di negeri tercinta ini.....

Anonim mengatakan...
on 

memang guoblok dan provokator yg nulis diats

Anonim mengatakan...
on 

kalo saya, udah jelas yang dikatakan perusuh itu, mereka yang didanani oleh penguasa atau orang luar negeri yang punya dana terlalu banyak untuk menghancurkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia ini.
Nyatanya disitu tidak disebutkan bahasa mana muslim, mana kristen, tetapi lebih diarahkan pada bahasa 'perusuh'. Yang namanya perusuh jelas tidak punya agama. bukankah semua agama itu mengajarkan cinta kasih kepada sesama.
Nah yang jelas, darimana perusuh ini datang ke poso kalau tidak didanani oleh orang-orang seperti itu.
Kita ini hanya korban bung. sementara mereka yang punya dana banyak n berhati iblislah yang sedang tertawa menyaksikan kicauan-kicauan para korban tragedi poso.

kurnia mengatakan...
on 

memang kontol ni para orang-orang kafir,,,,
lo tunggu aj la ntar lebih parah lo rsain dri yang lo perbuat sma saudara-saudara ku...

Keep to jihad......
ALLAH Huakbar.......

Anonim mengatakan...
on 

sekarang poso dah mulai kocar kacir lagi.....
kalo judulnya perang agama insya Allah ikut....
bukanx suka perang , bukanx mw blas dendam....

saran z liat dulu konflik akarx dari mana,benar" perang karna melecehkan agam islam,apa hanya skedar adu domba doank.

sutrisno alhidayat mengatakan...
on 

Saya Kristen, dan saya bukan YAHUDI, saya bukan pengagum yg namanya ISRAEL
SEKALI LAGI KAMI KRISTEN BUKAN = YAHUDI
bahkan saya sangat tidak suka sm yg namanya yahudi ( KALAU KALIAN MAU BACA SEJARAHNYA SIAPA ITU YAHUDI )
.
bagi sebagian oknum2 kawan2 muslim , jangan menghina Yesus Kristus, krn itu artinya kmu menghina agamamu sendiri, Kmu menghina NABIMU SENDIRI, kmu menghina ayat2 suci di kitabmu sendiri
baca lagi, telaah lagi agamamu
.
Jangan kita Muslim - Kristen, selalu dijadikan kambing hitam, selalu diadu domba
.
belajar lagi tentang rahasia2 di dunia ini yg sengaja ditutup2i, pikirkan ini, kalau manusia bisa berfikir membuat alat dan menginjakan kaki dibulan dengan segala kerumitannya, apalah arti ADU DOMBA sekelompok orang ?
itu seperti melipat baju, sangat gampang
.
apalah kita sesama rumpun masyarakat indonesia, kalau sejarah sudah membuktikan bahkan NEGARA DAN NEGARA saja bisa di-adu domba
.
hidup kita ini seperti bawang merah, masih banyak lapisan diluar sana yg kita tidak tau, caritau itu, dari situ baru kalian tau, siapa AKTOR nya
.
oia, jangan samakan AMERIKA / EROPA = Kristen, krn kenyataanya sekarang disana paling banyak ATHEIS, belajarlha, dan cari tau, dunia sudah berubah, dunia sekarang bukan dunia yg dulu lagi
.
Belajar, caritau, belajar, caritau.... maka kmu akan mengerti

Anonim mengatakan...
on 

sungguh amat biadab,tindakan kaum kristen radikal, semoga Allah membalas dengan azab yg pedih.Perlakuan diskriminatif telah dilakukan oleh aparat hukum.Hal ini tidak lepas dari Inervensi asing(USA)sebab anggaran Densus 88 anti teror berasal dr hibah USA,negara yg memerangi Islam.Mereka mengangap terosisberasal dr kaum muslim,pdhl mereka hanya mempertahankan diri nyawa dan akidahnya.Sampai kini pr mujahidin trs diburu tp lihat mana kelompok kristen radikal yg diburu atau ditangkap,ironis.Semoga Allah taalah membalas pejuang mujahidin,pr korban dengan balan surga Firdaus,serta mengazab kaum kristen radikal dengan balasan yg amat menghinakan.Allaahu akbar,Allahu akbar,Allahu akbar.

Anonim mengatakan...
on 

sondogaga au mampaka kapari ndaya madonge,...!!!
ndi rumbamo sa'a wa'a ntau anu banya to poso au podo dampaka ja'a posintuwu ta to poso ..

nee damo mbenawusaka ri poyunu2.
tuwu da mombetubunaka....

TIDAK USAH UNGKIT LAGI MASA LALU KAMI YANG KELAM,
TIDAK USAH GANGGU KETENTRAMAN ANTAR UMAT BERAGAMA DI TANAH KAMI,...

SINTUWU MAROSO,...!!!
KAMI ORANG POSO TIDAK MUDAH TERPROVOKASI,..!!!
KAMI ORANG POSO CINTA DAMAI,..!!!

Anonim mengatakan...
on 

allohu akbar

Anonim mengatakan...
on 

saya muslim, saya muslim yg brpandangan luas
tidak pnting mngulas masa lalu poso sperti apa
bila dicari siapa yg paling bersalah , smua akan mrasa paling benar.
yg terpenting POSO sekarg DAMAI.
kpd sodra pnulis, hati2 membritakan sesuatu.stiap huruf,kalimat pada tulisan anda,
dpt memncing munculnya krushan sara.

salam damai kawan2 q smua.
by muslim bali

Anonim mengatakan...
on 

Yang menang jadi arang yang kalah jadi abu....kita semua bersaudara...knapa harus saling bunuh hanya karna idiologi yang berbeda..Tuhan tidak pernah menginginkan dan membenrkan sglabentuk kekerasan hanya untuk membenarkan idiologi yang kita anut.....jadi...tolak sgala bentul kekerasan dalam bentuk apapunnnnn....damai itu indah...dan untuk blok..yang memuat hal-hal sprti ini......ga baik.....mending nulis hal-hal yang positif dari pada sesuatu yang sifatnya kreatif dan membngun...salam damai...

damai indonesia q mengatakan...
on 

goblok yang masih perduli ma hal2 diatas... indonesia satu jangan mau diadu domba... yg posting semoga lu bisa pake otak lu jangan cuma buat hal negatif cookkkk.....

nurseria mengatakan...
on 

Blogger seharusnya gausah bawa2 mengenai SARA...

Unknown mengatakan...
on 

y,stdak y kjadian pljaran l bt kite umat muslim.. jihad boleh tp hrus tau ap arti jihad sbnarya, dn hrus pnya prsiapan tlbih dahulu' siap fisik , maupun batin jngan smpai mti sia2, mati dngan pnuh prjuangan akan trasa nikmat. bt pra mjahid poso prjugkan trus kbnaran insyaallah allah mridoi. dn kmi akn bntu scra batin (spiritual) tk pdang sbrapa jauh musuh brada ttp tmbus dn mati scra misterius. bt nasrani jngan suka main api klu gk mau mati. by (jaka Bangka Belitung)

Anonim mengatakan...
on 

Halah,,
Artikel taik..!!
Provokatif..
NKRI Harga Mati..!!

Anonim mengatakan...
on 

1 lgi..
Org" indonesia bnyak yg bego n tolol..
Jadi klo baca artikel ini,, pasti bnyak yg terprovokasi..
So..
Mending lu hapus aja deh..
Dosa lo posting artikel gnian..
Ada unsur provokatif..
Anjrit lo..!!

Anonim mengatakan...
on 

damai POso damai indoneia ku

kalau memang kami nasrani salah maafkan kami

dami poso damai indonesiaku

saudaraku jangan lakukan lagi provokasi ya,
pembaca : anda mengerti internet berarti anda bisa melihat dunia secara luas.

Contok provokasi dan tanggapan yg salah;

Israel VS palistina

di Indonesia kesannya

Kristen + yahudi Vs Islam
padahal,
Kristen bukan yahudi
Yahudi bukan hanya israel

Mau Bukti :
Bangsa palistina (85% Islam,11%Kristen,4% Yahudi)
Bangsa Israel : 81%yahudi,16%islam,2%kristen,1%druz.

Jadai berpandanganlah luas dan jangan memprovokasi atau terprovokasi

Damai Negeri ku INDONESIA

Anonim mengatakan...
on 

berpikirlah dengan jernih ... klo kita mengaku seorang MUSLIM dengan aqidah seorang MUSLIM .. tentu akan selalu berpegang teguh dengan AL QUR'AN dan SUNNAH RASULALLOHU ALAIHIS SALAM ..... renungkan, pikir, maknai ...... kalian akan TAHU .... APA YG SEHARUSNYA SEORG MUSLIM LAKUKAN DI BUMI ALLOH SUBHANAHU WA'ATALA ini ...... KEEP ISTIQOMAH, ALLOH WILL LEAD YOUR WAY ...

Anonim mengatakan...
on 

jika memang seperti itu, moga2 alloh subhanahuwataala menempatkan di tempat yang terbaik di sisinya dan di berikan kemulyaan di kahadiratnya
aaamiiiinnnn ya robbal alamin..........

naseh arum mengatakan...
on 

Klu mau jihad ke palestina sono,

Anonim mengatakan...
on 

Wkwkwk,, saya sebagai kaum ateis ngakak ngeliat cerita ini,,, walaupun saya tidak percaya tuhan,, tapi saya sangat yakin hidup itu dilandaskan berdasarkan ketergantungan terhadap sesama,,, buktinya,, tuhan mana yang pernah menyelamatkan hidup umatnya secara live ? gak ada yang pernah liat kan ? cih,,,

Anonim mengatakan...
on 

yg posting ini gak lebih dari binatang,.......

Anonim mengatakan...
on 

yang nulis bloq ini provokator anjing,...harap di ingat ini namanya pemutar balikan fakta, video yang anda maksud itu bukanlah kejadian di poso melainkan kerusuhan antar suku di kalimantan tengah (sampit) Dayak vs Madura.
loe mO jai provokator, bangsat.......loe!!

Anonim mengatakan...
on 

Gilaa..!
Hebat bener nih si penulis artikel,..bisa sukses mengadu domba se onggok pengomentar di sni
salut gua

Anonim mengatakan...
on 

mudah-mudahan konflik poso dan ambon bisa terjadi di sumatera dan JAWA

Anonim mengatakan...
on 

itulah gambaran keji kaum salibis, di daerah minoritas muslim dibantai .semoga arwah para mujahid di ambon dan poso dimasukkan ke surga allah yang paling tingi.dan para sallibis di masukkan neraka jahanam dan itu adalah tempat yang paling layak untuk kafir salibis.mereka kekal didalamnya.

gemuk_sakti mengatakan...
on 

wahai kaum muslim bersatulah kita,jika tidak ingin bernasib seperti daerah minoritas seperti filipina,thailand,myanmar,ambon dan poso.karena dimanapun muslim didunia ini selalui dimusuhi oleh agama lain.dan itu sudah jelas di dalam al-quran .kita tinggal menunggu kapan perang besar akan terjadi dan mempersiapkan diri untuk jihad fisabililah.

Anonim mengatakan...
on 

Gimana kalau kita suruh aja pemerintah membumi hanguskan daerah poso agar prdebatan ini tuntass...ayooo setujuu khan??

Peace8-)

Anonim mengatakan...
on 

Tidak semua orang Kristiani begitu, ada orang Kristen perilakunya lebih baik daripada orang Islam. Dan masing-masing agama pasti mengajarkan hidup damai dan sejahtera pada umatnya. Sebagai umat beragama sebaiknya kita menghormati agama orang lain.

Anonim mengatakan...
on 

Ummat muslim poso, jangan lengah, senantiasa waspada, asah terus sdm teknologi senjata, agar ketika kelak dibutuhkan, langsung sedia, untuk tegakkan kalimah Allah, usir agama penjajah dari bumi islam poso, yg merupakan wilayah kesultanan bungku, sebagaimana perjanjian Bungaya, yang eksistensinya diakui belanda. Bravo Poso. (Ustaz Husain almahdaly, mantan ketua brigade FUI poso)

Anonim mengatakan...
on 

Sampai kapan perdebatan ini berlanjut, biarkan ini menjadi masa lalu yang kelam dan ijinkanlah penerus-penerus negeri ini mengerti nikmatnya perdamaian, jangan ajarkan mereka pedih seperti yang mungkin kita rasakan dulu. Satu ajakan perdamaian akan memulihkan segalanya, jangan biarkan dendam menguasai kita. Bagaimana kita mengaku mengasihi Tuhan yang tidak dapat kita lihat, sedangkan manusia yang kita lihat dengan sesuka hati kita lecehkan.

Anonim mengatakan...
on 

Ini apa sih...?

Anonim mengatakan...
on 

stop tipu sudah kalah sok

Anonim mengatakan...
on 

lakum dii nukuum waliadaiin

bagi kamu agamamu dan bagiku agamaku

Unknown mengatakan...
on 

Beneran deh,ini masalah apa sih.??

Anonim mengatakan...
on 

Bismillahirohmanirohim
islam adalah rahmat bagi seluruh alam.
suatu daerah dimana mayoritas beragama islam insyaalloh aman, karena orang islam hakikatnya penyayang, tapi ketika menjadi minoritas, kata aman masih perlu dipertanyakan.
karena itu berlom-lomba lah dalam memperbanyak keturunan, karena itu ada dalam perintah Al-Quran agar dunia ini menjadi aman.

Anonim mengatakan...
on 

Ngga Berbobot, Penulisx Provokator !

Anonim mengatakan...
on 

katanya artikelnya gak bermaksud memprovokasi, tapi nyatanya bisa sukses memprovokasi para pengomentar yang baca artikelnya, hahaiii....

sama aja lo bilang "gue nonton video ariel-luna, bukan karena gue doyan, tp cuma mo mastiin doang, ceweknya apa beneran luna atw bukan..", tp pas lo nonton eh.. tau2x ade lo bangun,. Apa tu namanya kalo bukan doyan?? :-)

"TORANG SAMUA BASUDARA"

Anonim mengatakan...
on 

kurang hideng kristen redikal mah. kalo emang cemburu pada ekonomi umat islam. contoh umat islam bkn gt caranya.... jadi kesel hate aing..

ahmad suhaimi mengatakan...
on 

umat islam harus slalu waspada,selama ini lengah,terlalu yakin pada saudara yang katanya cinta damai,nyatanya hatinya busuk,tanamkan dalam dirikita selalu siap jihad,

Anonim mengatakan...
on 

Ingat INDONESIA
INGATLAH BHINEKA TUNGGAL IKA
berbeda beda tetap satu jua..!

Duh cucu negara ini sdh lupa akan jati diri bangsa...

PANCASILA
1.KETUHANAN YANG MAHA ESA
2.KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAP
3.PERSATUAN INDONESIA
4.KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN PERWAKILAN
5.KEADILAN SOSIAL BAGI RAKYAT INDONESIA

masak kalian lupa pelajaran Ppkn...
sy sbgai guru ppkn merasa prihatin dg sikap dan wawasan adik2 semua di slruh daerah indonesia ini..
jgn lah kita meniadakan nilai2 pancasila.
dg pncasila kita akan saling asih mengasihi. Negara akan kuat
negara akan aman..
percayalah dg pancasila. ..

Unknown mengatakan...
on 

kwan2 smua jgn terpengaruh sama postingan ini......poso aman..saya org palu.....Sulawesi tengah....saya sudah baca postingan ini nama lokasi banyak yang salah penulisan.....klo yg posting ini org dari luar sulteng jgan pantoa(asal-asal).......Kristen,islam,hindu,budha,katholik smuax manusia.......merebut kemerdekaan kita bukan hanya dari satu kalangan saja tpi sluruh rakyat Indonesia.....seandainya pejuang2 qt yg gugur masih hidup dan melihat ini smua mereka pasti menangis.....krna mereka mati sia karena kelakuan kita dan para provokator sprit si penulis ini.....NKRI harga mati.....pentingkanlah pulau kita yg d.ambil sama malingsial...(Malaysia....) nadoyo penulis......

Anonim mengatakan...
on 

orng yg posting artikel ini adlah provokator cocok dikirim ke afganistan...

hanya ada dua tipe manusia di dunia ini.
1.orang baik 2.orang jahat..anda tidak bisa mnyebut ornag kristen jahat atu sebaliknya orang islam yg jahat,krena itu sudah trtanam dlm pribadi masing2 dan mereka2 ini adlah biang krusuhan.

mreka2 yg mnjadi otak krusuhan poso/ambon baik dpihak kristen maupun islam adalah orang jahat dan mreka2 yg mngikuti prnitah otak2 krusuhan itu adalah orang2 bodoh.saya orang kristen dari ambon...klau istilahnya di ambon "orang suru makang tai la makang" yg brarti di printah untuk makan kotoran,langsung di makan... sma sprti orang poso dan ambon yg mngikuti prntah yg nntinya hanya merugikan diri sndri...

coba anda lihat di afganistan dan irak,mereka para teroris membantai ratusan ribu jiwa...dngan mngatasnamakan agama,menyebut nama ALLAH sbelum mlakukan bom bunuh diri...apakah kalian bangga dngan hal sperti ini? agama tidak mengajarkan pembantaian sesama manusia. HANYA ORANG2NYA SAJA YANG BERSEMBUNYI DIBELAKANG AGAMA.

Unknown mengatakan...
on 

Caapek bacanya

mazid mengatakan...
on 

ada pepatah yang pernah saya baca dari sebuah buku tentang agen inteligen israel MOSSAD
"jika ada peristiwa besar terjadi, tanyalah orang yahudi"

Unknown mengatakan...
on 

ini gara-gara pemerintahan ibu suri (Megawati) yang ga becus mengurus negara sehingga rakyat yang sengsara, dan sekarang jadi ibu suri nya jokowi, kira2 masih mau memilih jokowi kah orang kalo dengar masalah ini?

Pepenk mengatakan...
on 

bila nasrani membunuh berarti melanggar ajaran agamanya sendiri apapun alasannyaitu..
bila islam membunuh itu melangar ajaran agamanya atw menjalankan ajarannya..?

Anonim mengatakan...
on 

Cita2 perjuangan adalah rakyat damai dan sejahtera. Mengapa blog ini seolah2 mau menciptakan ketidakdamaian? Karena terlihat cerita memihak pihak tertentu. Damai lah Indonesia, Karena jika tidak damai, tidak mungkin mencapai kebahagian. Sudah banyak contoh di Dunia.

Anonim mengatakan...
on 
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...
on 

SAYA SANGAT BERSYUKUR KEPADA ALLAH DAN SANGAT BERTERIMAKASIH BANYAK KEPADA KI WARA,ATAS BANTUANNYA YANG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA YAITU {4714} DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..WAKTU SAYA DIBERI TAU SAMA TEMAN KALAU ANKA YANG SAYA PASAN NAIK,SAYA HAMPIR PINSAN DAN TIDAK PERCAYA TAPI INI JUGA BENER2 KENYATAAN,,BERKAT BANTUAN KI WARA KINI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUANYA DAN RUMAH JUGA YAGA DILUNYA SEMPAT KUGADAIKAN KINI SAYA SUDAH MENEBUSNYA KEMBALI..SYUKUR ALHAMDULILLAH KINI KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,,DAN JIKA ANDA INGIN ANKA JITU DAN BUKAN OBRAL JANJI YG SERING ANDA DAPATKAN SILAHKAN HUBUNGI KI WARA DI 082322214888 DIJAMIN INSYA ALLAH 100% PASTI TEMBUS KLIK BOCORAN TOGEL JITU DISINI













SAYA SANGAT BERSYUKUR KEPADA ALLAH DAN SANGAT BERTERIMAKASIH BANYAK KEPADA KI WARA,ATAS BANTUANNYA YANG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA YAITU {4714} DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..WAKTU SAYA DIBERI TAU SAMA TEMAN KALAU ANKA YANG SAYA PASAN NAIK,SAYA HAMPIR PINSAN DAN TIDAK PERCAYA TAPI INI JUGA BENER2 KENYATAAN,,BERKAT BANTUAN KI WARA KINI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUANYA DAN RUMAH JUGA YAGA DILUNYA SEMPAT KUGADAIKAN KINI SAYA SUDAH MENEBUSNYA KEMBALI..SYUKUR ALHAMDULILLAH KINI KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,,DAN JIKA ANDA INGIN ANKA JITU DAN BUKAN OBRAL JANJI YG SERING ANDA DAPATKAN SILAHKAN HUBUNGI KI WARA DI 082322214888 DIJAMIN INSYA ALLAH 100% PASTI TEMBUS KLIK BOCORAN TOGEL JITU DISINI

ibu melda di singapura mengatakan...
on 

Makassar, Aktual.com – Kapolda Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar) Irjen Pol Anton Setiaji menegaskan kejadian ledakan bom di Kompleks Perumahan Puri Patte’ne Permai, Kota Makassar sore tadi tidak terkait kunjungan Presiden RI, Joko Widodo ke Makassar.

Dari hasil penyelidikan, kata dia, ledakan bersumber dari bahan kimia yang dirakit untuk membuat bom ikan. “Jadi tidak ada hubungannya dengan kedatangan Presiden Jokowi ke Makassar,” ujar Anton, di lokasi kejadian, Senin (3/8) malam.

Polda Sulselbar: Ledakan Tidak Terkait Kedatangan Presiden

Fari mengatakan...
on 

Terimakasih tulisan ini mengingatkan dan inspiratif. Walaw sebagian kurang setuju (tau mostly siapa). Ketika mereka sudah tersudut dan kalah, then ... mereka tak mau salah, ... terus berteriak "damai-damai". Harus ingat ... suatu saat mereka kembali menikam dari belakang. Tak jauhlah kiranya mereka itu sebangsa anjing & pengecut, hatinya penuh dengki & hasut. Mereka itu selalu menghiasi bibirnya dengan: 'kasih', kemanusiaan, demokrasi, ... dst. Mereka tidak rela jika orang bahagia dengan Islam, karena ... hanya orang islam saja yang nanti selamat dan bahagia di kampung akhirat. Mereka yang syahid ... pasti telah menemukan apa yang dijanjikanNya. Allah Maha Besar. Amien.

Anonim mengatakan...
on 

Wahai parah sahabtku Semua saya asli org poso lahir di Palu tpi besr di poso,,di kecamatan Pamona utara,,Saya seorang nasrani,,,,Saya hanya mau meluruskan bahwa artikel ini hanya untuk mengadu domba ,,agar rakyat,Trutama pancasila bisa di singkirkan,,akhirnya mereka mnghasut rakyat dgn unsur agama,,,,ingat kita sama" berjuang meraih kemerdekaan,,pemuda pemudi bersatu,,,Lihatlah kami TNI(AD-AU-AL) sbgai benteng perthan negara dari semua suku,,dari semua agama,bersatu ,,demi 1 tujuan mempertahankan kedaulatan NKRI,,jdi saya harap saudaraku tanamkan rasah solidaritas ,,kerjasama,,dan persaudaraan sehingga org" yg mau menghasut kita tidak bisa,,,,berpikirlah secarah logika jangan dengan emosi,,,kita semua sama" jadi korban ,,mari kita saling memaafkan dan bersatu demi Tanah air kita,,,Singkirkan faham,yg tdk sesuai dengan butir" pancasila n UUD 1945 ,,Saya merasah sedih apabila rakyat indonesia mau di adu domba oleh org" yg mau menghancurkan kedaultan NKRI ,,Salam Hormat PRK Fery Christianto Pokunde ,,,Merdeka

Unknown mengatakan...
on 

Wahai parah sahabtku Semua saya asli org poso lahir di Palu tpi besr di poso,,di kecamatan Pamona utara,,Saya seorang nasrani,,,,Saya hanya mau meluruskan bahwa artikel ini hanya untuk mengadu domba ,,agar rakyat,Trutama pancasila bisa di singkirkan,,akhirnya mereka mnghasut rakyat dgn unsur agama,,,,ingat kita sama" berjuang meraih kemerdekaan,,pemuda pemudi bersatu,,,Lihatlah kami TNI(AD-AU-AL) sbgai benteng perthan negara dari semua suku,,dari semua agama,bersatu ,,demi 1 tujuan mempertahankan kedaulatan NKRI,,jdi saya harap saudaraku tanamkan rasah solidaritas ,,kerjasama,,dan persaudaraan sehingga org" yg mau menghasut kita tidak bisa,,,,berpikirlah secarah logika jangan dengan emosi,,,kita semua sama" jadi korban ,,mari kita saling memaafkan dan bersatu demi Tanah air kita,,,Singkirkan faham,yg tdk sesuai dengan butir" pancasila n UUD 1945 ,,Saya merasah sedih apabila rakyat indonesia mau di adu domba oleh org" yg mau menghancurkan kedaultan NKRI ,,Salam Hormat PRK Fery Christianto Pokunde ,,,Merdeka

Unknown mengatakan...
on 

sungguh amat biadab,tindakan kaum kristen radikal, semoga Allah membalas dengan azab yg pedih.

Anonim mengatakan...
on 

hello,,itu adalah pelajaran untuk muslim diposo..dulu sblm trjadi konflik juga aman² sja kan
knp tiba² disaat org muslim tertidur mereka menyerang
ini membuktikan bahwa kami umat Islam diseluruh Indonesia harus sellu bersiaga..krena kalian kaum kafir tdk bs dipercaya..
kalian menyimpan kebencian yg teramat dlm kpd kami..

Unknown mengatakan...
on 

intinya kalain kaum nasrani gk bs dipercay..
mngkin seandainya jika kaum kalian yg mayoritas diIndonesia..
umat Islam sudah hbis kalian bntai
apa lg didaerah Indonesia bagian timur yg natabene rata² tngkat pendidikannya rendah
buktinya udh ada diposo dan ambon

Unknown mengatakan...
on 

saya setuju dngn artikel ini
kita umat muslim diseluruh Indonesia harus sllu waspada

Unknown mengatakan...
on 

Gila mau aja ter propokasi itulah orang kafir pada kejadianya saya yang di poso memang seperti itu orang kafir malah menyalahkan umat islam saudara pada di bantai yang menyebut jangan terprovokasi itu bertujuan agar umat islam tenang saja dan tidal berlebihan mengenai tragedi ini tapi pada dasarnya seperti inilah kejadianya

Unknown mengatakan...
on 

(Artikel ini hanya mengadu domba) hahahaha perkataan orang kafir yang sedang menutupi kekafiran nya hebat kalian

Unknown mengatakan...
on 

saya AHMAD SANI posisi sekarang di malaysia
bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
sempat saya putus asah dan secara kebetulan
saya buka FB ada seseorng berkomentar
tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
karna di malaysia ada pemasangan
jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
saya minta angka sama AKI NAWE
angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
terima kasih banyak AKI
kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
tak ada salahnya anda coba
karna prediksi AKI tidak perna meleset
saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan













saya AHMAD SANI posisi sekarang di malaysia
bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
sempat saya putus asah dan secara kebetulan
saya buka FB ada seseorng berkomentar
tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
karna di malaysia ada pemasangan
jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
saya minta angka sama AKI NAWE
angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
terima kasih banyak AKI
kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
tak ada salahnya anda coba
karna prediksi AKI tidak perna meleset
saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan













IBU TUTI TKI SINGAPUR mengatakan...
on 

Ya pilih selalu...jokowi harga mati..ahok juga demikian.

jidat hitam mengatakan...
on 

Kerusuhan hendaknya dihindari, dicari jalan damai dengan dialog yang ramah dan bersahabat

BELAJAR BAHASA mengatakan...
on 

cem di kampung klen aja yg beda agama, di kampung orang lain saja jg uda berratus2 tahun beda agama ko biasa2 aja , klo mau dihasut orang yah gitu kan jadinya? apa untungnya coba? makanya kerja kerja kerja cape kerja wisata ke tempat yg indah foto2 biar segar fikirannya ,dangi tahe bapa/ibu? horas mejuah juah , cem di kampung klen aja yg beda agama, di kampung orang lain saja jg uda berratus2 tahun beda agama ko biasa2 aja

Ronauli mengatakan...
on 

Artikel ini bertujuan untuk mengingatkan kita kaum muslim agar waspada,dengan orang yang selalu mementingkan egonya demi kenikmatan duniawi,tanpa melihat dampak yang ia timbulkan,
pemerintah yang tak pernah serius menanggapi keadilan dan media yang seolah olah tidak menitik beratkan permasalahan ham di poso, sehingga tanpa sadar merekalah yang menciptakan para muslim mengambil jalan menjadi teroris demi mendapatkan keadilan dari keluarga mereka yang dibantai,tak ada tujuan lain sebenarnya selain keadilan yang di inginkan para mujahidin yang disebut pemerintah menjadi teroris,ini di akibatkatn para kafir yang ada ditubuh pemerintah dan pimpinan pimpinan media yang hanya mementingkan uang,

hendra mengatakan...
on 

Yang posting *UKI,berita hoax tanpa sumber yg jelas,justru malah tambah profokasi... dasar *UKI.
note: *UKI (orang bagian timur yg paham artinya)
Salam damai.

Unknown mengatakan...
on 

Ap jugA FUNGSI tanda + g sekalian =. Emg itung angka.mandi darah gue mndi tulang brani sini maju

Unknown mengatakan...
on 

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

Lady Mia mengatakan...
on 

Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIA. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

widaya mengatakan...
on 

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,
Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan
Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 800juta saya stres hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan ki sholeh pati, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI SHOLEH PATI kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 5Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi KI SHOLEH PATI di 0852-1905-3025 situsnya www.PESUGIHANISLAMI.ye.vc agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi KI SHOLEH PATI pasti akan di bantu


Anonim mengatakan...
on 

DASAR LASKAR KRISTUS BIADAB !!!!! kok islam banyak yg mati sih . Knp kalian kalah . KnP kalian sampai terbunuh wahai muslim . Sedih saya ..gua siap potong kepala ribuan LASKAR KRISTUS YG BIADAB ITU LALU GUA TENTENG SAMBIL JALAN BAWA KEPALA KEPALA LASKAR KRISTUS YG BIADAB

Unknown mengatakan...
on 

Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini..?

Di Lilit Hutang

Selalu kalah Dalam Bermain Togel

Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel

Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan.

Solusi yang tepat!!! JANGAN PUTUS ASA dan Tanamkan KEYAKINAN dalam Diri Anda karena Anda Sudah Berada di Website Yang Sangat Tepat.
Saya Akan Membantu Anda. Semua Angka Ritual Kami, Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja. Jika Anda Membutuhkan Angka Ghoib Hasil Ritual dari saya 2D 3D 4D 5D 6D Dijamin Tembus 100% Gransi Uang Kembali Kalau Nga Nyata.
INFO PENTING RITUAL TOGEL KI AGENG JAYA WARSITA 100% TEMBUS!
KI AGENG JAYA WARSITA Hanya Melayani Member Yang Bersedia Melengkapi Dana Penutupan Ritualnya
Aki hanya melayani yg serius & bersedia membantu mahar untuk biaya membeli ALAT ritual & sesajen untuk ritual.
KI AGENG JAYA WARSITA
DI
085-342-064-735

Ky darsa mengatakan...
on 

Saya bernama Suranto Nina dari Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mendidik semua orang yang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena ada scammers dimana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kerugian finansial, dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di singapura dan saya scammed. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya tersandung pada pemberi pinjaman bernama Mrs Nicole Morgan, yang meminjamkan saya pinjaman dengan jumlah 800 juta dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%.

Setelah pinjaman saya dipindahkan ke rekening bank saya, saya tercengang saat melihat saldo akun saya dan mendapati jumlah yang telah saya terapkan telah dikirim langsung ke rekening saya oleh Mrs Nicole Morgan tanpa penundaan. Dan saya berjanji kepadanya bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa hambatan. Jadi, jika Anda perlu meminjam sesuatu, hubungi Mrs.Nicole Morgan melalui email: nicolemorganloan@gmail.com. Dan Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: ninasuranto4@gmail.com. Tolong saya ingin Anda memanfaatkan informasi ini dan bebas dari perjuangan finansial Anda.

Unknown mengatakan...
on 

Apakah Anda mencari pemberi pinjaman swasta? Apakah Anda membutuhkan pinjaman segera? Apakah kamu memiliki kredit buruk? Apakah bank anda gagal? Saya dapat membantu Anda mendapatkan pinjaman. Tidak ada jaminan yang dibutuhkan.
Saya adalah investor swasta yang mengkhususkan diri dalam menyediakan semua jenis dana investasi, termasuk reksa dana, pinjaman pribadi, pinjaman usaha, pinjaman real estat, pinjaman kombinasi, pinjaman konsolidasi, pinjaman komersial dan Tidak ada penipuan, banyak lagi.

Tidak ada permainan, bisnis saja
Jumlah Pinjaman: Minimal $ 1.000 sampai jumlah pinjaman maksimum $ 50.000.000,00 Dan nilai mata uang lainnya
Suku bunga pinjaman: 2%
Area pinjaman: seluruh dunia
Durasi maksimal: sampai 25 tahun
Tidak ada penalti prabayar

Pendanaan segera setelah dokumentasi dan persetujuan yang tepat.
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui pesan melalui email pribadi kami di gloryloanfirm@gmail.com

Unknown mengatakan...
on 

Hello Everyone, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan sebuah negara kompensasi bersatu, dan kami telah mendengar dan juga meminjam dari perusahaan pinjaman, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia untuk mencari pinjaman Internet Sangat hati-hati Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di antaranya asli dan nyata,

Saya ingin melempar testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya ke pemberi pinjaman yang sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran. . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang baru saja mendapatkan pinjaman online, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

Jadi saya mengajukan permohonan untuk jumlah pinjaman (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus se umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang ingin saya gunakan untuk membangun bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta, telah disimpan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang memerlukan panggilan pinjaman cepat sekarang atau email di Dangotegrouploandepartment@Gmail.com

Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di ladyjanealice@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

Lady Jane mengatakan...
on 

Apakah Anda memerlukan pinjaman secara nyata? Pernahkah Anda ditolak oleh organisasi keuangan, bank dan perusahaan keuangan lainnya? Jika ya, jangan khawatir lagi karena @ ROSSA STANLEY perusahaan pinjaman, kami adalah perusahaan pembiayaan berpengalaman yang memberikan hassle free loan kepada individu-individu yang serius dan serius, perusahaan, badan usaha dan masyarakat umum dengan bunga sebesar 2%. Kami memiliki akses ke kumpulan uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecilnya. Dipastikan bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami berada di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda. . Hubungi layanan pelanggan kami

  Email: rossastanleyloancompany@gmail.com
  Viber: +15186756750
  Instagram: Rossamikefavor
  Twitter: Rossastanlyloan

   untuk respon cepat dan cepat ....
   Mohon mengisi formulir aplikasi di bawah ini :,
                                               
                                                   DATA PEMOHON:
1. Nama
2. negara
3. Alamat
4. Jenis kelamin
5. Bekerja
6. Posisi di tempat kerja
7. Pendapatan bulanan
8. Jumlah pinjaman dibutuhkan
9. Durasi pinjaman
10. Agama
11. Sudahkah anda mengajukan permohonan sebelumnya dan telah ditolak? Jika ya
12. jika Anda telah menolak memberikan alasan ........................................ ..
     .................................................. ....... ...
     .................................................. ....... ...
     .................................................. ..........
     .................................................. ....... ...
 
 
 
                                     Kami hadir untuk kebutuhan finansial anda

rossa stanley loan mengatakan...
on 

Baik Kabar
Nama saya SUFRIDHA TRISUCI, warga Indonesia, dari Medan kota. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan crutial disarankan untuk semua warga negara indonesia yang mana untuk mencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, Beberapa kreditur ada disini untuk menipu orang dan merobek uang hasil jerih payah mereka tapi Ibu Glory perusahaan berbeda
Beberapa bulan yang lalu, saya sangat membutuhkan pinjaman tapi bank tidak dapat menawarkan saya, karena mereka memerlukan agunan yang nyata, yang tidak dapat saya menyediakan. Saya memutuskan untuk mengajukan online pinjaman dan Saya ditipu sekitar 200 juta, mencoba untuk membayar biaya tak berujung mereka yang saya tidak pernah tahu itu semua bohong dan cara mereka menipu orang-orang yang tidak bersalah yang membutuhkan pertolongan. Aku hampir mati, sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Glory, pemilik sebuah GLORY PINJAMAN PERUSAHAAN, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya menghubungi dan dia meminjamkan jumlah pinjaman dari Rp950,000,000 dalam waktu kurang dari 6 jam dari pengolahan dengan tingkat bunga 2% dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Ibu Glory mentransfer kredit saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya

Saya memutuskan untuk mengingatkan dan berbagi kesaksian saya tentang Ibu Glory, sehingga orang-orang dari Medan dan Indonesia bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Glory melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: sufridhatrisuci12@gmail.com dan Bu dewi Rumapea yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Ibu Glory, Dia juga menerima pinjaman dia dari Ibu Glory. Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: dewiputeri9@gmail.com Sekarang, saya seorang pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Allah SWT terus memberkati Ibu Glory untuk pekerjaan yang baik dalam hidup saya dan bahwa keluarga saya.

Sufridha mengatakan...
on 

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

Lady Mia mengatakan...
on 

Salam!
Saya adalah Dr Robert West, pemberi pinjaman pinjaman swasta dan pengarah urusan firma pilihan Westrade, sebuah firma berdaftar dan firma kewangan yang diiktiraf dengan laman web rasmi syarikat yang diluluskan di mana kami menawarkan pinjaman peluang masa untuk individu dan organisasi korporat di seluruh dunia. kami adalah organisasi pinjaman pinjaman kewangan yang terkenal di dunia dengan pensijilan perkhidmatan kewangan, berdaftar dan diiktiraf di seluruh dunia, di firma kewangan Opsyen Westrade, kami menyediakan pinjaman kepada mana-mana jenis kepada individu dan badan korporat di mana-mana bahagian dunia dengan mekanisme pemberian pinjaman sistem dalam talian kami di minat yang sangat berpatutan 2% hubungi kami hari ini. Saya ingin menggunakan medium ini untuk memaklumkan kepada kami bahawa kami memberikan bantuan yang boleh dipercayai dan benefisiari dan bersedia menawarkan pinjaman kepada anda.
hubungi kami hari ini melalui
E-mel: robertwestradefinancefirm@gmail.com
semua yang kami perlukan adalah maklumat anda dalam format di bawah
 
BUTIRAN PEMOHON
1) Nama Penuh:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Jantina:
5) Status Perkahwinan:
6) Pekerjaan:
7) Nombor Telefon:
8) Kedudukan semasa di tempat kerja:
9) Pendapatan bulanan:
10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
11) Tempoh Pinjaman:
12) Tujuan Pinjaman:
13) Agama:
14) Pernahkah anda memohon sebelum:
15) Nama Facebook:
16) Nombor Whatsapp:
17) Nama Pengguna Instagram:
18) Adakah anda bercakap Bahasa Inggeris:
19) Tarikh lahir:

Apabila anda memohon dengan kami, anda memohon dengan syarikat yang dipercayai yang mengambil berat tentang keperluan kewangan anda. Kami akan menjaga anda melalui keseluruhan proses
Kami akan sentiasa melakukan yang terbaik untuk menentukan apa yang anda selesaikan untuk membayar balik dengan mengambil kira keadaan kewangan Peribadi semasa anda dan kemudian menetapkan jumlah pinjaman anda dengan sewajarnya. hubungi saya melalui
E-mel: robertwestradefinancefirm@gmail.com

Salam
Dr Robert West

Dr Robert West mengatakan...
on 

Ini adalah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, kami adalah pemegang saham ISKANDAR LENDERS prioritas utama kami adalah memberikan bantuan keuangan kepada keluarga Anda tempat kerja Anda baik proyek pinjaman pribadi yang memerlukan dana besar atau Anda kekurangan dana dan Anda memerlukan dana untuk situasi buas kami. sedang mengalami. dapat memberi Anda layanan keuangan ini tanpa mengklaim jaminan keamanan KTA karena kami tidak berada di sini untuk memperparah situasi keuangan Anda namun memberikan bantuan keuangan kepada Anda sehingga satu-satunya jawaban bagi Anda untuk mengatasi trauma keuangan Anda adalah ISKANDAR LOAN FIRM LOAN itu ISKANDAR LENDERS jadi jika Anda sangat membutuhkan dana yang sangat penting ini yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi kami melalui alamat berikut karena Anda akan hadir dengan kepuasan dan kegembiraan, kami selalu berada dalam dua puluh jam sehari. dan tujuh hari seminggu sehingga staf kami akan memberikan layanan keuangan terbaik yang Anda inginkan
email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
facebook (www.facebook.com/iskandar.lesteri.7)
Website: (iskandarlestari.wordpress.com)
BBM: {D8980E0B} dll ...
Kami memperlakukan klien kami dengan sangat hormat karena bertahun-tahun kerja sama membuat kami terus berjalan karena oleh karena itu penawaran kami sangat menarik dan prosesnya sederhana dan tanpa tekanan.

"ISKANDAR LENDERS" mengatakan...
on 

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

Lady Mia mengatakan...
on 

Kabar baik!! pencari pinjaman !!!

Nama saya Alfred Daniel Nehemia dari bali Indonesia, roti CEO Daniel di Malaysia, Pertama-tama saya akan mengatakan bahwa Tuhan harus memberkati wanita jane karena mengenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang jujur ​​dan halal sehingga saya benar-benar percaya bahwa Anda memberi tahu rekan kerja yang saya miliki Ide bagus untuk memulai bisnis tunggal saya sendiri karena mendapat pekerjaan tidak mudah jadi saya pergi ke bank untuk mendapatkan pinjaman (Rp800 juta) tapi mereka semua meminta uang muka setara dengan jumlah pinjaman saya tapi satu-satunya properti yang saya miliki adalah motor saya, yang membuat saya merasa kecewa

Jadi saya mencari perusahaan pinjaman online tapi kebanyakan curang dan curang, saya hampir kehilangan harapan dan kepercayaan diri sampai saya membaca artikel tentang lady jane tapi saya tidak sempat menutup tapi membaca artikelnya jadi saya mencoba pencarian online lain yang disebut craigslist. org dimana saya melihat iklan perusahaan Dangote Loan jadi saya memutuskan untuk melamar dan menghubungi lady jane juga

Dangote Loan Company memberikan pinjaman dengan suku bunga 2% dan tidak kurang dari Rp20 juta

Saya mengikuti prosedur di sana, memberikan semua yang diminta, saya juga sangat takut, tapi untuk kemuliaan tuhan, doa saya dijawab dan uang pinjaman saya ditransfer kepada saya tanpa masalah.

jadi jangan buang waktu anda kontak Dangote perusahaan pinjaman Via dangotegrouploandepartment@gmail.com

Anda juga bisa mencari di google untuk informasi lebih lanjut, ini nyata dan sangat nyata atau hubungi saya juga melalui email di alfreddaniel324@gmail.com dan juga di BBM: 7AEA8FA5

Alfred Nehemia mengatakan...
on 

Saya di sini untuk berbagi komentar yang akan sangat menyenangkan bagi mereka yang benar-benar membutuhkan pinjaman. Nama saya Madinatul Munawaroh dari kota Surabaya di Indonesia dan saya ingin merekomendasikan bantuan luar biasa yang saya dapatkan dari Ibu Emiliana, organisasi pinjaman global, Dengan segala hormat, ibu Emiliana telah membuktikan kepada saya bahwa, perkataan " Satu-satunya yang berdiri di antara Anda dan tujuan Anda adalah cerita yang tidak masuk akal yang terus Anda katakan pada diri sendiri mengapa Anda tidak dapat mencapainya "oleh Jordan Belfort benar. Setelah bertahun-tahun mencari pinjaman, akhirnya aku berhasil mendapatkannya dari ibu Emiliana. Jadi, saudara laki-laki saya, saya pikir sudah saatnya mengetahui siapa yang benar, dapat dimengerti dan siapa yang benar-benar dapat membantu kita, sehingga kita semua dapat mencapai tujuan kita untuk mencari pinjaman karena berbagai alasan.

Bila semua dikatakan dan dilakukan, lebih banyak yang dikatakan daripada dilakukan. Jadi hiduplah yang sebenarnya. Ungkapkan cintamu dan saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada teman saya Y Sigit Wijatmaka, yang mengenalkan saya kepada ibu Emiliana setelah saya membaca tetstimoni tentang bagaimana ibu Emiliana menawarinya pinjaman, maka bagikan antusiasme Anda dan lakukan tindakan terhadap impian Anda. Walk your talk. Rangkullah berkat-berkat Anda dan mari kita membuat hari ini layak untuk diingat.
Hubungi ibu Emiliana via email: emilianawilson111@gmail.com
 
hari ini untuk pinjaman dan jangan ragu untuk memberitahu kekasih Anda sekali tentang ibu Emiliana karena dia adalah ibu yang baik hati dan dia meminjamkan pinjaman yang saya gunakan untuk membayar, tagihan rumah sakit ibu saya yang sakit
Anda juga bisa menghubungi saya melalui email pribadi saya: madinatul44@gmail.com

Untuk informasi lebih lanjut tentang ibu Emiliana atau anda juga bisa menghubungi teman saya Y Sigit Wijatmaka via email: swijatmaka02@gmail.com
untuk informasi lebih lanjut tentang ibu emiliana dan dia akan mengarahkan Anda

Madinatul Munawaroh mengatakan...
on 

G berbobot

JL Arif mengatakan...
on 

Nama saya Aisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzaninvestment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah Indonesia (IDR600.000.000) dalam waktu kurang dari 72 jam tanpa tekanan dan hanya 2% tingkat suku bunga.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga dapat menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Amisha mengatakan...
on 

Saya adalah Ibu Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan menolong saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang kemudian menyebut saya sebagai pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs. Charity meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah Indonesia (Rp750.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2% saja.

Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajarkan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda memenuhi persyaratannya.

Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

Unknown mengatakan...
on 

Saya adalah Ibu Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan menolong saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang kemudian menyebut saya sebagai pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs. Charity meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah Indonesia (Rp750.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2% saja.

Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajarkan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda memenuhi persyaratannya.

Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

Unknown mengatakan...
on 

Provokatornya emang dari kristen coyyyyy.... kalo kristen gak menyerang gak terjadi peristiwa poso...

Anonim mengatakan...
on 


Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Amisha mengatakan...
on 

Khaibar...Khaibar...Khaibar Ya Yahud, Jaisyu Muhammad Saufa Ya'ud...

Unknown mengatakan...
on 

KABAR BAIK!!!

Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

Lady Mia mengatakan...
on 

Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

Detail Kontak Penuh:

Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
BBM INVITES: {D8980E0B}
                       : {4424AA}
Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

           TESTIMONI OLEH
Penerima Manfaat: Angga Annisa
   Email: {anggaannisa1979@gmail.com}

Angga Annisa mengatakan...
on 

cerita menarik

BELAJAR BAHASA mengatakan...
on 

Selamat Datang di Perusahaan Pinjaman Rossa Stanley

Hubungi perusahaan pinjaman dengan rekam jejak pencairan pinjaman dan daftar global penguji pinjaman di seluruh dunia, di perusahaan peminjaman rossa stanley stabilitas keuangan Anda adalah tujuan kami, kami memberikan pinjaman kepada

1) Individu
2) Bekerja sama badan
3) Perusahaan terbatas.
4) Pinjaman pribadi.
5) Pinjaman investasi.
6) Pinjaman Konstruksi.
7) Pinjaman Hipotek.
Hubungi kami sekarang melalui media berikut,

Email: rossastanleyloancompany@gmail.com
Direktur Tel: 1 (914) 529-5708
Whats-app: 1 (914) 529-5708
Manajer operasi Tel: (1) 2133153118
Instagram Resmi: rossastanleyloan
Twitter Resmi: Rossastanlyloan
Facebook Resmi: Rossa Stanley Favor
Alamat kantor pusat: 3911 Kenwood Place, Orlando Florida USA.
Kode pos: 32801
Terdaftar di bawah pengawasan hukum industri Florida,
ATAU
Isi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan segera membalas Anda, Kami tersedia 24 jam setiap hari.

DATA PEMOHON
1) Nama Lengkap:
2) Tanggal lahir:
3) Alamat:
4) Nomor jaminan sosial:
5) Nomor Aplikasi Whats:
6) Pekerjaan:
7) Nomor Telepon:
8) Posisi di tempat kerja:
9) Penghasilan Bulanan:
10) Jumlah Pinjaman yang Diperlukan:
11) Durasi Pinjaman:
12) Nama Facebook:
13) Status Perkawinan:
14) Agama:
15) Negara:
16) Jenis Kelamin:
17) Kecacatan Apa Pun
18 Sudahkah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya? Jika ya, sebutkan nama perusahaan pinjaman tersebut

SALAM,
Favor Mrs.Rossa Stanley
CEO ROSSASTANLEYLOANCOMPANY
Email rossastanleyloancompany@gmail.com

rossa stanley loan mengatakan...
on 

Saya ingin menyarankan semua pencari pinjaman untuk bergegas ke perusahaan Rossa Stanley, yang merupakan satu-satunya pemberi pinjaman asli dan asli yang meminjamkan bunga 2%, ini adalah kisah saya, nama saya Annisa dari Bali, Indonesia, pemilik restoran, jangan tertipu atau takut bahwa pinjaman tidak dapat diperoleh dari internet, itu mungkin dan saya adalah penerima pinjaman internet. Saya membaca beberapa komentar Anda tentang bagaimana Anda ditipu, Ya mereka pemberi pinjaman palsu, dan mereka juga pemberi pinjaman nyata. Dan Ibu Rossa adalah satu-satunya. Karena ada banyak pemberi pinjaman palsu, saya awalnya skeptis, saya memutuskan untuk meminta pinjaman kepada ibu Rossa, jadi saya menghubungi Ms. Rossa untuk permintaan pinjaman saya sebesar Rp 100.000.000,00 dan dalam 24 Jam, pinjaman saya disetujui dan dikirim ke bank BCA saya akun, dengan bukti jika Anda meragukan saya dan pinjaman ini datang dengan tingkat bunga sangat rendah 2% tidak seperti bank di Indonesia yang memberikan pinjaman 7% atau lebih, saya harus mengakui ketika saya mendapatkan uang, saya terkejut dan masih terkejut sampai sekarang , meskipun beberapa ditolak karena tidak memenuhi syarat untuk pinjaman. Tetapi saya diberikan karena keseriusan dan pendekatan tulus saya, saya mendapatkan pinjaman saya, dan ketika saya bertanya kepada ibu saya Rossa bagaimana dia mendapatkan uang yang dia pinjamkan kepada banyak orang, dia mengatakan itu didukung oleh Amerika Serikat dan Bank Dunia untuk membantu miskin di ASIA dan AFRIKA untuk mengurangi kemiskinan Saya tidak bisa berhenti berterima kasih kepada ibu saya Rossa karena membuat saya dan keluarga saya keluar dari kemiskinan, jadi saya merasa karena dia baik dan baik kepada saya, saya perlu berbagi berita tentang perusahaannya sehingga orang-orang akan tahu tentang perusahaan pinjamannya dan juga menghindari jatuh cinta untuk peminjam palsu yang membanjiri mana-mana dengan cerita palsu, Anda dapat berbicara dengan ibu rossa melalui email, whatsapp dan teks, saya merasa dibandingkan dengan berbagi rincian ini tetapi banyak yang sangat tidak serius dan akan memanggil ibu begitu Saya hanya dapat memberikan alamat email bagi siapa saja untuk menghubungi mother rossa email-rossastanleyloancompany@gmail.comWhatsApp +19145295708 jika Anda menghubungi mereka, mereka akan menjawab Anda dengan cepat dan jika Anda ragu ada yang bisa menghubungi saya di facebook @ annisa buat atau email saya di annisaberkarya@gmail.com semoga ALLAH terus memberkati dan melindungi wanita semacam ini dan memahami ibu rossa stanley.

annisa berkarya mengatakan...
on 

KABAR BAIK
Pertama saya ingin mengatakan jika Anda takut akan berhasil, Anda tidak akan berhasil bahkan jika kesempatan datang murah dan gratis, semuanya dimulai pada malam yang dingin sementara di tempat tidur saya pergi melalui internet hanya untuk lelah sehingga saya bisa tidur setelah lama hari di bank mencoba untuk mengamankan pinjaman dengan rumah saya dari bank HSBC di pekanbaru bagi mereka yang mungkin tahu bank ini, saya mencoba dan setelah dokumentasi saya diberitahu untuk kembali dalam waktu 30 hari yang bagi saya seperti selamanya jadi sementara pada saya ranjang berpikir mungkin tindakan berikutnya saya menemukan cerita tertentu tentang cara mendapatkan pinjaman dan pada tingkat yang sangat rendah 2% dengan nama-nama perusahaan sebagai perusahaan pinjaman Rossa Stanley saya bertanya-tanya apakah itu nyata jadi saya menyelidiki lebih jauh dan datang di seorang wanita bernama Nadia Sisworo bersaksi bagaimana dia mendapatkan pinjaman dengan rincian banknya semua ditampilkan jadi saya mengirim email dan kami berbicara, kami mengobrol dan dia meminta saya untuk menghubungi perusahaan ibu rossa bahwa jika rumah saya nyata dan identitas saya mungkin beruntung mendapatkan pinjaman jadi saya mengirim email ke ibu Rossastanleyloancompany@gmail.com Whatsapp + 19145295708tentang kondisi saya dan formulir pinjaman diberikan saya mengisi dan mengajukan permohonan pinjaman sebesar Rp350.000,00,00 dan sisanya untuk Kemuliaan Allah saya mendapat pinjaman dari perusahaan induk rossa sehingga orang-orang terkasih jika Anda memiliki beban keuangan yang tulus atau ingin mengembangkan bisnis Anda jangan ragu untuk bertemu ibu rossa untuk bantuan saya yakin Rp350.000.000,00 sudah cukup untuk meninggalkan kemiskinan dan bahagia selamanya seperti saya jika Anda masih ragu-ragu biaya untuk menelepon atau WhatsApp saya di +6282385590743 atau menulis saya di hadiemi64@gmail.com dan facebook di Hadi emi dan saya akan membuktikan kepada Anda ibu nyata

hadi emi mengatakan...
on 

HARI BAIK UNTUK SEMUA ORANG!

Nama saya Amisha Chahaya Saya dari Indonesia Saya sudah mencari perusahaan pemberi pinjaman nyata selama 5 bulan terakhir, untuk membeli rumah dan membangun bisnis
yang saya dapatkan hanyalah sekelompok penipuan yang membuat saya percaya mereka dengan kata-kata manis mereka dan pada akhirnya mereka mengambil semua uang saya tanpa memberi saya apa pun sebagai imbalan,

Harapan saya hilang, saya bingung dan kecewa, saya tidak pernah ingin melakukan apa pun dengan perusahaan pinjaman di internet, jadi saya pergi untuk meminjam uang dari teman, saya mengatakan kepadanya semua yang terjadi dan dia berkata dia bisa membantu saya, bahwa dia tahu perusahaan pinjaman yang dapat membantu saya dengan jumlah pinjaman yang saya butuhkan dengan tingkat bunga sangat rendah 2%, dia baru saja mendapatkan pinjaman dari mereka, dia mengatakan kepada saya bagaimana mengajukan pinjaman, saya melakukan apa yang dia katakan kepada saya , Saya melamar bersama mereka di Email: (mariaalexander818@gmail.com) Saya tidak pernah percaya tetapi saya mencoba dan kejutan terbesar saya adalah bahwa saya mendapat pinjaman dalam waktu 24 jam, saya tidak percaya,

Saya sangat bahagia dan kaya lagi dan saya bersyukur kepada Tuhan bahwa perusahaan pinjaman seperti ini masih ada selama penipuan ini di mana-mana, tolong beri tahu semua orang di luar sana yang membutuhkan Pinjaman untuk mengunjungi Email mereka (mariaalexander818@gmail.com) mereka tidak akan pernah gagal,
Dan hidup Anda akan berubah seperti yang saya alami, Jadi segera hubungi (mariaalexander818@gmail.com
) hari ini dan dapatkan pinjaman Anda dari mereka, Tuhan memberkati perusahaan pemberi pinjaman Anda untuk penawaran pinjaman asli mereka. Pastikan Anda menghubungi Peminjam untuk pinjaman Anda karena saya berhasil mendapatkan pinjaman dari perusahaan ini tanpa tekanan apa pun.


MANAJER CABANG: MARIA ALEXANDER
EMAIL: mariaalexander818@gmail.com
HUBUNGI NUMBER: +1 (651) 243-8090
WHATSAPP: +1 (651) 243-8090


Silakan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi apa pun melalui email saya: (amishachahaya8@gmail.com)

Terima kasih semuanya mendengarkan kesaksian saya
Semoga ALLAH memberkati Anda semua.

AMISHA CHAHAYA (amishachahaya8@gmail.com) mengatakan...
on 

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Amisha mengatakan...
on 

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

AMISHA mengatakan...
on 

Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

Contact Details:

e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
WhatsApp:::+6282274045059
Company::Iskandar Lenders"""""
Loan Amount:::Rp.700juta
Name:::::Angga Annisa
Country::::Indonesia
Occupation:Trader
Year:April,2020

Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

Angga Annisa mengatakan...
on 

السلام عليكم

                                      Perhubungan Syarikat

NAMA SYARIKAT: ONE BILLION RISING FUND
GMAIL SYARIKAT: onebillionrisingfund@gmail.com
NOMBOR MEL: +1 267 526 5352
NOMBOR WHATSAPP: +1 267 526 5352

CERITA HIDUP BENAR

Saya terkenal sebagai Mikhail Irfan Aqil seorang bapa, suami, abang dan rakan saya dari (Putrajaya) Malaysia dan saya menghadapi banyak tekanan kewangan dan tidak ada yang dapat meminjam wang saya untuk menyelesaikan projek perniagaan saya yang dimulakan beberapa bulan yang lalu. Saya telah ditipu oleh beberapa ejen palsu yang mendakwa mereka dapat membekalkan saya dengan bahan mentah untuk perbelajaan

Saya menjadi kecewa dan jika bukan kerana isteri saya, saya akan membunuh diri kerana rasa sakit itu terlalu banyak dan semua harapan hilang yang membuat saya mula hidup lagi dan tidak mudah jadi saya bertemu  ONE BILLION RISING FUND syarikat pinjaman

Saya memutuskan untuk memohon pinjaman sebaik sahaja menghubungi pemeriksa syarikat yang benar-benar memberi saya harapan dan memberitahu saya bahawa saya tidak takut syarikat akan meminjamkan wang saya sementara saya dapat memberi mereka syarat yang merupakan notis peribadi dan saya lakukan jadi setelah saya melalui semua proses mereka meminjamkan wang mereka, kemudian memberitahu saya bahawa saya telah mendapat pinjaman yang pantas dan meminta untuk menunggu dan dengan kejutan yang paling teruk saya mendapat kepercayaan dan ini menjadikan hidup saya lebih baik dan sangat bersyukur kepada Allah, saya isteri dan kepada

ONE BILLION RISING FUND
GMAIL::onebillionrisingfund@gmail.com

                                UNTUK MENGHUBUNGI SAYA

Mikhail Irfan Aqil
mikhailirfanaqil@gmail.com
IG :: Mikhail Irfan
RM :: 100.000.00
Pekerjaan Majikan

Saya doakan yang terbaik dalam hidup anda

Mikhail Irfan Aqil mengatakan...
on 

Posting Komentar