English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

28 Maret 2010

Review Billing Warnet Favorit

Postingan kali ini bukan berisi tentang tutorial, tips dan trik ataupun berita-berita yang saya anggap perlu di posting. Tapi, walaupun postingan kali berbeda dari yang postingan yang lain, tapi tidak kalah pentingnya untuk pengelola atau penjaga warnet yang bingung mencari program untuk menghitung durasi pemakaian komputer (atau istilahnya ceeh BILLING WARNET).

Dan dibawah ini ada dua billing warnet yang menurut saya sangat bagus dalam segi performance maupun databasenya. Dan billing yang saya maksudkan ini juga sudah disertai dengan screenshot dan link download untuk mencoba kemampuan billing tersebut.

  • Billing-29 v.2.6 (Free Edition)


Fitur :
  1. Blokir Aplikasi. Fitur ini berfungsi untuk memblokir aplikasi berdasarkan 3 kriteria, yaitu : Caption, Nama Aplikasi, dan Path Aplikasi.
  2. Blokir Akses Internet. Fitur ini berfungsi untuk memblokir koneksi aplikasi yang terhubung ke internet (seperti Firefox, Opera, IE, YM, dll).
  3. Transaksi Penjualan. Fitur ini ini berfungsi untuk mempermudah Anda dalam menghitung biaya transaksi penjualan (seperti makanan, minuman, barang, dan jasa).
  4. Member Prabayar dan Pascabayar.  Dengan fitur ini Anda dapat memberikan potongan harga (diskon) kepada konsumen untuk penggunaan satu atau beberapa jenis tarif tertentu. Anda pun dapat mengatur apakah member bersifat prabayar (bayar dimuka) atau pascabayar (bayar belakangan). Proses pembuatan akun member pun sudah bisa dilakukan secara otomatis (auto generate).  
  5. Remote Taskmanager, Capture, Turn Off, Restart dan Log Off. Berfungsi melihat aplikasi yang sedang berjalan di PC Client serta dapat menutupnya, melihat tampilan desktop PC Client, mematikan, merestart, dan me-log off PC Client.
  6. Chat Tools, Fitur pengirim pesan teks, baik dari server ke konsumen, konsumen ke server, dan konsumen ke konsumen.
  7. Setting Tarif Simpel, Nama tarif dapat diubah sesuai keinginan, dapat diatur hanya dapat dimulai dari server (oleh operator), dapat digunakan oleh client tertentu, tipe user tertentu, tanggal/hari dan jam tertentu, juga dapat dipassword.
  8. Nota Transaksi, Menu yang berfungsi untuk melakukan pencetakan transaksi berbentuk struk/nota.
  9. Data Operator, Penambahan dan pengaturan hak akses operator, seperti boleh/tidaknya operator melakukan penghapusan laporan transaksi, boleh/tidaknya melakukan pengaksesan menu-menu tertentu, dll. 
  10. Rekaman Aktivitas (Log), melakukan perekaman aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh operator yang sedang login, seperti melakukan pengaksesan menu Laporan Transaksi Rental, melakukan penggantian password, dll.  
  11. Laporan Transaksi (Report) + Export ke File HTML. Fitur ini berfungsi untuk mengolah data laporan transaksi (transaksi rental maupun penjualan), seperti menampilkan, menghapus, mengexport, dan mengupdate biaya transaksi rental. Anda dapat menampilkan berdasarkan kriteria tertentu, misal: hanya menampilan transaksi pada tanggal tertentu, operator tertentu, jenis tarif/produk tertentu, client tertentu, dll. Anda pun dapat mengexport data laporan transaksi ke file HTML (file HTML ini dapat dibuka menggunakan browser seperti Mozilla, Internet Explorer, dll, juga dapat dibuka dan diedit/diubah menggunakan Microsoft Office Excel).
  12. Auto Turnoff, Restart atau Log Off. Untuk mengurangi beban pemakaian listrik, sebaiknya matikan PC Anda setelah pemakaian selesai, namun kadang kala konsumen maupun operator sering lupa untuk mematikannya. Untuk membuatnya otomatis turn off/mati sendiri, Anda dapat menggunakan fitur Auto Turn Off ini.
  13. Manual Login (penghitungan waktu dan biaya tanpa client). Artinya meskipun billing client tidak diinstalkan, atau pun tidak terkoneksi, maka billing server masih bisa melakukan pencatatan waktu dan biaya transaksi rental maupun penjualan.
  14. Fitur Pemberitahuan (berupa pesan dan suara). Server dapat diatur untuk menerima/tidak pemberitahuan saat terjadi hal-hal sebagai berikut : client mulai, client stop, client terkoneksi, koneksi client terputus, menerima pesan dari client, dan pemberitahuan transaksi rental yang sedang berjalan (misal : setiap 1 jam, konsumen harus diberi air mineral, maka dengan fitur ini program akan otomatis memberitahu operator yang sedang jaga/login jika ada konsumen yang telah merental selama 1 jam dan kelipatannya).  
  15. Dll.
Klik disini untuk review dan mendownload Billing-29 dari situs aslinya.

  • EZ Time Billing  

      Daftar Fitur:

      1. Keamanan server yang tinggi. Program billing server dilengkapi dengan modul otorisasi, sehingga anda dapat menentukan hak pakai pengguna Billing server. Oleh karenanya petugas tidak dapat sembarangan mengubah data, membatalkan transaksi atau mengubah konfigurasi dari Billing Server. Selain itu database server diproteksi menggunakan password, sehingga data-data Billing tidak dapat diubah atau dihapus secara manual lewat database. Disamping itu juga, data-data penting yang ada didalam database diproteksi dengan menggunakan teknik enkripsi data yang kuat sehingga tidak akan dapat dimengerti isinya, yang tentunya menambah kuat keamanan data-datanya.
      2. Keamanan klien yang tinggi. Program Billing Klien ini akan sulit dijebol oleh pengguna yang nakal. Program ini dilengkapi dengan fitur FULL anti CTRL+ALT+DEL, sehingga pengguna tidak akan dapat menutup program Billing klien. Selain itu, hanya aplikasi yang sudah didaftarkan di Billing server saja yang dapat dijalankan di Klien, sehingga pengguna tidak akan dapat menjalankan program yang bertujuan untuk meng-hack atau menutup Program Billing klien, dan tidak dapat menginstall program secara sembarangan. Password Administrator yang kami simpan di klien juga di proteksi dengan teknik enkripsi yang kuat, sehingga pengguna tidak akan dapat mengetahui isi password tersebut. Oleh karenanya bila terjadi putus koneksi antara klien dengan server, operator sekalipun tidak akan dapat memakai login Administrator untuk menutup Billing klien, kecuali jika anda beritahukan passwordnya.
      3. Mudah untuk digunakan. Dengan tampilan, menu dan pengaturan tata letak yang sederhana, EZ Timebilling sangat mudah untuk dimengerti, sehingga akan mempermudah Administrator atau operator anda dalam menginstall, mengkonfigurasi dan mengoperasikan EZ Timebilling. Kami juga telah menyediakan template-template yang umum digunakan agar dapat membantu dan lebih mempermudah anda dalam melakukan konfigurasi. Selain itu EZ Timebilling juga dilengkapi dengan dokumen panduan (Help) untuk membimbing anda memahami program ini.
      4. Automatic Mail Reporting. Tersedia beberapa laporan antara lain laporan pendapatan, laporan transaksi rental, laporan transaksi penjualan dan laporan transaksi Akun. Anda dapat melihat pendapatan rental, penjualan barang dan transaksi pengisian/ulang akun anda perhari, per-shift dan per-operator, sehingga anda dapat mengecek apakah jumlah pendapatan fisik yang diterima sudah sama dengan pendapataan di sistem. Tersedia juga laporan statistik harian untuk bahan analisa anda. Selain itu anda juga dapat mengatur agar laporan-laporan tersebut dikirim via email setiap selesai melakukan tutup hari (closing), dan anda bisa memilih laporan mana saja yang anda ingin untuk dikirimkan secara otomatis. Fitur Ini berguna apabila anda jarang berada ditempat sedangkan anda ingin tetap mengetahui keadaan warnet setiap harinya.
      5. Tidak memberatkan jaringan. EZ Timebilling tidak akan memberatkan jaringan komputer anda, karena kami hanya melakukan sinkronisasi client-server setiap menit (bisa diubah). Dengan begitu, kinerja komputer server juga tidak akan berat dan jaringan LAN tidak akan terbebani, sehingga tidak akan menggangu para pengguna yang sedang bermain game jaringan ataupun game online.
      6. Melindungi Komputer Klien. Dengan metode pendaftaran aplikasi, berbagai program yang tidak dikehendaki seperti virus atau spyware akan langsung di kill (ditutup). Selain itu, program ini juga dilengkapi dengan fitur untuk memblok aplikasi yang didalam windows title nya mengandung kata-kata yang tidak diperbolehkan di Billing Server, misalnya situs porno dan judi. Secara otomatis program akan membuat log file yang berisi nama-nama aplikasi yang diblok yang dapat anda gunakan sebagai bahan analisa atau keperluan lainnya. Anda bahkan bisa melindungi komputer klien anda lebih jauh lagi dengan mengatur registry windows yang akan membatasi pengguna dalam penggunaan komputer klien. Untuk melakukan itu, anda hanya perlu melakukannya dari Billing Server dan dapat anda terapkan untuk klien tertentu atau berlaku untuk semua klien.
      7. Maintenance Billing klien amat mudah. Untuk mengupdate program Billing Klien, anda tinggal melakukannya dari Billing server, sehingga memudahkan kerja administrator. Anda dapat melakukan update program klien, registry, tampilan klien secara mudah, dapat dipilih satu persatu atau sekaligus untuk semua klien.
      8. Dapat mendefinisikan tarif sendiri. Anda dapat membuat berbagai tarif yang anda perlukan, seperti tarif voucher, paket, member, personal, siswa, pegawai, pengetikan dll tanpa ada batasan jumlah. Anda juga dapat menerapkan diskon atau potongan harga pada tanggal, hari atau jam-jam tertentu (happy hour). Anda juga dapat mengatur agar tarif hanya dapat digunakan hanya pada hari, tanggal atau jam yang telah anda tentukan. Program ini juga telah dilengkapi dengan beberapa tarif yang umum digunakan oleh warnet atau game center, sehingga anda tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan anda.
      9. Dilengkapi dengan modul penjualan. Anda dapat memasukkan transaksi penjualan anda baik itu barang maupun jasa. Program akan secara otomatis mengurangi jumlah stok untuk penjualan item yang bersifat inventory, sehingga anda dapat mengetahui stok barang yang bersangkutan. Kami menyediakan 2 buah metode pembayaran, yaitu bayar lunas atau dibebankan ke transaksi rental.
      10. Remote Command. Dengan fitur ini, anda dapat melakukan operasi terhadap klien. Operator anda dapat menjalankan perhitungan waktu baik secara offline ataupun online, menunda, menambah atau membatalkan waktu (jika diperbolehkan), memindahkan klien, melakukan operasi tertentu terhadap komputer klien seperti log-off, shutdown, restart, mematikan atau menghidupkan monitor, mengunci klien, mengatur volume (mengecilkan, membesarkan, mute, mengunci volume) dan lain-lain, baik untuk klien tertentu, grup tertentu, klien yang tidak dipakai, klien yang sedang aktif atau untuk semua klien. Disamping itu, operator anda juga dapat melihat dan menutup secara mudah aplikasi atau windows apa saja yang sedang dibuka oleh klien.
      11. Sinkronisasi status klien dengan server. EZ Timebilling secara periodik melakukan sinkronisasi waktu antara durasi klien dengan server, sehingga waktu di klien dan di server akan tetap sama. Selain itu, program juga secara berkala akan mengecek dan mengupdate status klien apabila koneksinya terputus, sehingga anda dapat dengan mudah memantau klien mana saja yang terhubung dengan billing server atau tidak. Ini berguna untuk menghindarkan terjadinya kecurangan atau kejahatan yang mungkin terjadi di komputer klien.
      12. Billing server dapat berjalan secara offline. Artinya, walaupun program ini tidak terhubung dengan Billing Klien, anda dapat menggunakan program ini secara normal, seakan-akan anda memiliki workstation. Fitur ini diperlukan oleh jenis usaha yang menggunakan workstation yang tidak atau tidak dapat diinstall Program Billing klien, misalnya rental PS atau warnet yang memperbolehkan pengguna untuk membawa laptop sendiri.
      13. Mendukung durasi waktu hingga 99 jam. Sangat diperlukan oleh warnet yang memiliki user yang bermain lebih dari 24 jam secara terus menerus.
      14. Pembuatan akun dan pengisian saldo amat mudah. Kami telah menyediakan template yang akan mempercepat proses pembuatan akun sehingga waktu operator tidak banyak tersita. Template tersebut juga dapat ditambah, dikurangi atau disesuaikan dengan kebutuhan anda. Selain itu, untuk proses pengisian ulang akun amat mudah. Bila pengguna sedang online, maka pengisian ulang akan secara otomatis menambahkan saldo sehinggak pengguna tetap dapat bermain.
      15. Otomatisasi Billing Klien. Anda dapat mengatur apakah yang harus dilakukan oleh Billing klien pada saat start-up (membuka) atau stop billing. Anda dapat mengaturnya apakah setelah pengguna men-stop billing, komputer di restart, log-off, shutdown, mematikan layar monitor, mengunci klien, menjalankan aplikasi tertentu atau menutup semua aplikasi yang masih terbuka setelah jangka waktu tertentu. Begitu juga pada saat membuka billing, anda dapat mengatur agar Billing klien menjalankan aplikasi tertentu, mengunci klien, atau menutup semua aplikasi setelah jangka waktu tertentu. Dengan demikian kerja operator anda menjadi lebih ringan dan dapat dipergunakan untuk mengerjakan hal-hal lainnya.
      16. Tampilan Billing Klien yang menarik. Program ini disuguhkan dengan tampilan, warna dan tata letak yang menarik sehingga akan memikat pengguna anda. Anda juga diperbolehkan untuk menentukan sendiri warna dan tampilan yang anda sukai, dan anda cukup melakukannya dari Billing server. Namun meskipun memiliki tampilan yang menarik, program ini hanya menggunakan sedikit saja dari memori komputer anda, sehingga tidak akan memberatkan komputer klien.
      17. Menjaga resolusi layar monitor klien. Sering setelah pengguna selesai memainkan game, resolusi layar tidak kembali seperti settingan semula. Tapi dengan program ini, resolusi layar klien akan kembali persis seperti semula.
      18. Dapat mengunci Billing server. Fitur ini berguna jika operator akan meninggalkan meja operator karena suatu keperluan dan tidak ingin seorangpun dapat mengotak-atik billing server tersebut kecuali yang berhak, sehingga billing server anda akan aman dari penyalahgunaan oleh orang yang tidak berhak.
      19. Auto Shutdown Monitor/PC or Block Applications on idle. Berguna untuk otomatis mematikan monitor atau komputer atau memblok semua aplikasi agar tidak aktif jika billing klien tidak digunakan, sehingga dapat menghemat penggunaan listrik dan komputer.
      20. Switch Client. Digunakan untuk bertukar tempat 2 klien yang sedang aktif. Dapat juga dilakukan dari klien.
      21. Move Client. Digunakan untuk memindahkan klien ke workstation lain tanpa menghentikan waktu penggunaan. Dapat juga dilakukan dari klien.
      22. Popup Message when Client Disconnected.  Berguna untuk mengetahui jika ada klien yang koneksinya terputus, sehingga anda dapat mengawasi klien tersebut.
      23. Network Packet encrypted. Paket data jaringan untuk komunikasi klien-server dienkrip(diproteksi) sehingga tidak akan dimengerti isinya oleh pengguna yang menggunakan tool packet sniffer. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan dari orang yang bermaksud untuk mensabotase billing.
      24. Small size of Network Packet. Ukuran dari paket data jaringan yang kecil sehingga tidak akan menggangu lalulintas jaringan anda.
      25. Tampilan Billing server yang menarik. Billing server disajikan dengan tampilan sederhana namun menarik dengan grafis yang informatif, sehingga anda akan lebih mudah memahami dan mengoperasikan EZ Timebilling. Tersedia dua macam tampilan untuk memonitor Workstation yaitu list view dan icon view.
      26. Scrolling Text Message. Berfungsi untuk mengirimkan berita atau pesan teks berjalan kepada klien.
      27. Application Quota Limit. Berfungsi untuk membatasi jumlah aplikasi yang boleh dibuka. Sering pengguna membuka banyak aplikasi atau game dalam satu waktu yang mana hal tersebut selain akan membuat beban komputer menjadi berat juga akan memboroskan bandwidth internet anda. Dengan fitur ini maka hal itu akan mudah untuk diatasi.
      28. Lock Billing Client. Berfungsi untuk mengunci billing klien dari Workstation. Berguna saat pengguna tersebut akan meninggalkan meja komputer dengan billing klien masih aktif sehingga orang lain tidak dapat mempergunakan komputer tersebut.
      29. Bandwidth Monitor. Dengan fitur ini anda dapat memonitor penggunaan bandwidth oleh tiap-tiap klien, sehingga anda bisa memantau klien mana yang menghabiskan bandwidth internet anda.
      30. Compatible dengan semua jenis Windows 32 bit. EZ Timebilling dapat berjalan diatas semua jenis sistem operasi Windows, mulai dari Windows 95,98,Me,2000,NT,XP hingga Windows Vista.
      31. Dapat digunakan untuk berbagai macam usaha. EZ Timebilling dapat digunakan untuk berbagai macam usaha yang memerlukan perhitungan waktu mulai dari Warnet, Game Center, Rental Pengetikan, Rental PlayStation, Perpustakaan, Rental Mobil, tempat billiar (bola sodok), tempat kursus, hotel/penginapan hingga Kantor.
      32. Dan masih banyak lagi.
       Dan ini adalah screen shot EZ Billing Client dan Server

      • Server

      •  Client
       

      Sekedar pemberitahuan, EZ time billing ini juga bisa digunakan di OS Linux seperti Ubuntu dan Zen Cafe.
       Klik disini untuk review secara lengkap dan untuk mendowload EZ time billing dari situs aslinya.

      Comments :

      4 komentar to “Review Billing Warnet Favorit”

      Hi I am so delighted I found your webpage, I really found you by mistake, while I was browsing on Digg for something else,
      Anyhow I am here now and would just like to say cheers for a marvelous post
      and a all round interesting blog (I also love the theme/design), I don’t have time to
      go through it all at the minute but I have bookmarked it and also included your RSS feeds, so when I have time I will be back to read more, Please do keep up the excellent work.


      My weblog jetzt spielen

      Anonim mengatakan...
      on 

      Truly no matter if someone doesn't be aware of after that its up to other visitors that they will assist, so here it happens.

      my site http://www.sportwetten-365.com/novoline-automaten-book-of-ra-and-spiele-book-of-ra

      Anonim mengatakan...
      on 

      Hello there, just became alert to your blog through Google,
      and found that it is truly informative. I'm gonna watch out for brussels. I'll appreciate if you continue
      this in future. Numerous people will be benefited from your writing.
      Cheers!

      Visit my web page ... novostar hotel

      Anonim mengatakan...
      on 

      Very nice post. I just stumbled upon your blog and wanted
      to say that I have really enjoyed surfing around your blog
      posts. In any case I will be subscribing on your rss feed and
      I hope you write again soon!

      Also visit my web blog :: book of ra apk free download

      Anonim mengatakan...
      on 

      Posting Komentar