English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

16 Februari 2011

Cara install XP di Flashdisk

Akhirnya selesai juga saya mencari materi dan referensi tentang cara instal Windows XP dengan menggunakan flashdisk sebagai media booting pengganti CD/DvD-Room yang sudah sering dan sudah mendunia dalam hal instalasi OS.

Dan mungkin tulisan kali ini agak bersifat repost, tapi dalam hal ini saya bukan bermaksud membajak tulisan orang atau mengcopy paste tulisan/tutorial orang, saya semata-mata hanya ingin berbagi dan untuk sekedar pengingat saja jika suatu saat nanti saya sudah lupa cara-cara untuk menginstal XP dengan media Flashdisk.

Yach lanjut ke topik utama dari postingan ini, dan jangan lua juga untuk menyiapkan segelas kopi untuk menemani anda saat mempraktekkan tutorial ini :D

Langkah Pertama:
  1. Anda harus mempunya sebuah flash disk dengan ukuran minimal 2 Giga yang akan anda gunakan sebagai media instalasi Windows XP.
  2. Anda harus mempunyai Source Windows XP (bisa dengan Windows XP yg di CD/DvD-Room ataupun file XP yang dalam bentuk iso, tapi jika itu dalam file iso anda harus mengekstraknya dengan menggunakan program extraktor seperti Winrar atau 7zip) yang merupakan inti dari dari dan serial number
  3. PC dengan CDRom / DVD Rom yang bisa membaca CD (optional)
  4. Software untuk membuat XP bisa booting dari flashdisk. Anda bisa mendownloadnya disini
Langkah Kedua:
  1. Anda membutuhkan PC untuk memindahkan Source Windows XP ke FlashDisk menggunakan program USB Multiboot. Tujuannya agar Flashdisk tersebut bisa bootable seperti cd Windows XP dan dapat digunakan untuk menginstal OS Windows XP ke Netbook / UMPC (In case jika anda tidak punya External CD/DVD pada saat ingin install ulang Netbook anda)
  2. Colokkan Flashdisk anda tadi ke PC dan isinya harus kosong (tidak berisi data² penting dan lainnya, dan jika flash itu mempunyai data yg anda anggap penting ada baiknya di back-up terlebih dahulu ke PC)
  3. masukan CD Source Windows XP ke CDRom atau Ekstrak file iso yang berisi master dari Windows XP yang akan kita gunakan.
    Ekstrak file USB Multiboot yang tadi didownload menggunakan winrar/7zip di folder yang ditentukan. (Ex. X:\\flashboot\XP\)
  4. Buka folder hasil ekstrak tadi dan double klik file USB_MultiBoot_10, jika ada pilihan press any key to continue tekan enter
    Dan akan keluar jendela seperti ini.


Tekan P lalu enter
(mengapa P, karena kita memilih flashdisk ukuran 2 Giga sebagai media)
akan masuk jendela PEToUsb..


pastikan di Destination Drive USB Removable, Enable Disk Format tercheck dan kamu bisa lihat merek flashdisk terdetect disana..

klik start untuk proses formating klik Yes 2 kali to continue.
akan ada proses formating dan jika sudah selesai
akan keluar pesan formating complete.
lalu close program PeToUsb..
masuk lagi ke Command Prompt berisi USB Multiboot



abaikan no 0
- lalu tekan 1 lalu tekan enter
keluar jendela browse for folder.. arahkan ke drive CDROM yang berisi CD Master XP atau tempat dimana anda mengekstrak File XP.iso tadi disimpan.

- tekan 2 untuk USB Target , arahkan ke drive Flashdisk td

- lalu anda akan diminta untuk mengisi beberapa pertanyaan seperti user, serial number (dipisah dengan tanda - contoh xp sp 2 , BR89Q-4B9GB-M2PY3-R3F83-M2PY3), country pilih 205 dan user selain itu abaikan saja. dan pada pengisian password biarkan menjadi * untuk default password setelah itu tekan ok. dan kembali ke cmd usb Multiboot

- tekan 3 untuk proses pengopian dari cdrom ke flashdisk.
jika keluar option pertama tekan Yes dan Option kedua Tekan No.
messagebox kedua keluar jika proses pengopian selesai.
lalu close programnya.

Dan proses pembuatan Flashdisk sebagai media Instalasi Windows XP telah selesai. Anda bisa mencoba tutorial ini dengan menggunakan program Virtual Box untuk mengetes berhasil atau tidaknya hasil praktek anda. :D

Sumber : Om Google ;-)

Comments :

1

flashdisknya tidak terdeteksi...???
gmn dong?

Anonim mengatakan...
on 

Posting Komentar